Minggu, 15 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Mahasiswa KKN Unisnu Suguhkan Alternatif Menu Ikan Asap 

23 Agustus 2019, 15: 45: 58 WIB | editor : Ali Mustofa

KREATIF: Peserta Festival Ikan Asap Desa Dermolo menampilkan alternatif olahan menu ikan asap baru-baru ini.

KREATIF: Peserta Festival Ikan Asap Desa Dermolo menampilkan alternatif olahan menu ikan asap baru-baru ini. (UNISNU FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KEMBANG, Radar Kudus – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unisnu Jepara 2019 untuk kali ketiga menggelar festival ikan asap di Desa Dermolo, Kembang, baru-baru ini. Kali ini, selain untuk mengangkat potensi desa, kegiatan ini juga memiliki nilai jual ekonomi yang mayoritas warganya bergerak di bidang produksi ikan asap.

Meski letaknya jauh dari laut, namun ikan asap menjadi komoditi andalan desa berpenduduk 5.000 jiwa tersebut. Pejabat Sementara (Pjs) Petinggi Dermolo Sutana yang juga camat Kembang ikut serta memeriahkan kegiatan ini bersama istri yang didaulat sebagai juri lomba.

Hal unik dari Desa Dermolo sendiri, lokasi pengasapan ikan berada tidak dekat dengan laut. Justru berada di pinggiran hutan. Jika memasuki desa ini, dari Jalan Raya Bangsri-Kembang, pengunjung disambut patung ikan cucut berukuran besar di jalan masuk desa.

Berlanjut menyusuri jalan, deretan pepohonan karet dan jati berjajar sampai menuju perkampungan. Di sela-sela itu, terdapat bedeng-bedeng pengasapan ikan. Dengan adanya festival ikan asap ini, diharapkan Desa Dermolo tetap kuat dengan image sentra produksi ikan asap. Sedangkan untuk memvariasi menu pokok dari ikan asap, ada yang membuat varian nugget, sosis, rolade, dan ikan asap bumbu.

Peserta lomba terdiri dari ibu-ibu PKK perwakilan RW. Turut dihibur band akustik sampai akhir acara. Tampil sebagai juara lomba, mendapat piala, piagam, dan hadiah.

Upaya mempromosikan ikan asap Desa Dermolo yang sudah dilakukan dengan menggandeng mahasiswa KKN Unisnu Jepara telah digelar kali ketiga ini. ”Dengan even ini, mereka ingin mengembangkan potensi desa. Juga memberi alternatif menu olahan ikan asap, selain dibikin bumbu manyung," tutur Koordinator Desa (Kordes) KKN Unisnu Jepara Dwika. 

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia