Minggu, 15 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Asah Kreativitas Siswa, SMPN 1 Kudus Gelar Lomba Pitulasan

20 Agustus 2019, 16: 42: 11 WIB | editor : Ali Mustofa

JADI PAHLAWAN SEHARI: Salah satu siswa SMP N 1 Kudus menjadi pengeran Diponegoro sehari.

JADI PAHLAWAN SEHARI: Salah satu siswa SMP N 1 Kudus menjadi pengeran Diponegoro sehari. (VEGA MA’ARIJIL ULA/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus – SMPN 1 Kudus menggelar lomba untuk memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia (RI) pukul 07.30 sampai 12.30 kemarin. Itu meliputi lomba pitulasan dan lomba tambahan SMPN 1 Kudus. Itu sebagai ajang menggali kreativitas siswa di momen kemerdekaan.

Sebelum acara puncak, SMPN 1 Kudus juga telah menggelar upacara kemerdekaan RI, lalu dilanjutkan dengan yel-yel bertema patriotisme.

Lomba tersebut di gelar di halaman SMPN 1 Kudus. Meliputi lomba makan krupuk, estafet balon, estafet karung, dan estafet kursi. Sementara untuk lomba khas SMPN 1 Kudus itu meliputi lomba kostum mirip pahlawan yang diikuti seluruh perwakilan kelas, lomba perkusi yang memanfaatkan barang-barang bekas dengan membawakan lagu daerah, lomba poster dengan tema semangat patriotisme generasi muda, dan lomba artikel bertemakan semangat literasi. Perlombaan itu diikuti 24 kelas.

Humas SMP N 1 Kudus sekaligus guru mata pelajaran kesenian, Hasan Sunarto ingin menggali kreatifivitas anak-anak. ”Semua anak wajib mengikuti lomba karena ini momen kemerdekaan untuk menunjukkan semanagat generasi muda,” terangnya.

Antusiasme siswa terlihat saat beberapa rekannya menampilkan lomba mirip pahlawan. Mulai dari Nyi Ahmad Dahlan yang ditampilkan oleh kelas IX C, lalu ada Jenderal Sudirman, pangeran Diponegoro, Cut Nyak Dien, Bung Tomo dan beberapa tokoh lainnya. Mereka tampil berjalan melintasi karpet bewarna merah sembari memperagakan koreo dan membawa foto pahlawan seusai tampil di depan penonton.

Pada perlombaan yang digelar di SMPN 1 Kudus itu, guru dan staf turut menyaksikan kreativitas siswa. Menurut Hasan, itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi untuk menghargai kreativitas siswa. Masing-masing lomba akan diambil tiga kandidat juara. Hadiah yang diberikan berupa peralatan sekolah dan piala. (vga)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia