Minggu, 15 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

SMAN 1 Rembang Jadi Sasaran Jelajah Literasi Edisi Sembilan

17 Agustus 2019, 09: 06: 19 WIB | editor : Ali Mustofa

AGENDA KESEMBILAN: Kabid Pelayanan Perpustakaan Dinas Arspusda Rembang Bimo Ariwobowo memberikan sambutan di SMAN 1 Rembang.

AGENDA KESEMBILAN: Kabid Pelayanan Perpustakaan Dinas Arspusda Rembang Bimo Ariwobowo memberikan sambutan di SMAN 1 Rembang. (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA, Radar Kudus  – Ratusan siswa SMAN 1 Rembang (Smansa) antusias mengikuti agenda Jelajah Literasi yang digelar di lapangan basket sekolah setempat. Smansa Rembang merupakan sekolah tujuan kesembilan tempat digelarnya acara tersebut.

Sebagaimana gelaran sebelumnya, ada tiga pemateri dalam Jelajah Literasi yang juga didukung oleh IGI (Ikatan Guru Indonesia) Rembang tersebut. Yakni dari Jawa Pos Radar Kudus, Perpuseru, serta Bank Jateng.

Bimo Ariwibowo dalam sambutannya menyebut agenda tersebut digelar dengan melibatkan generasi milenial yang diharapkan minat bacanya naik setelah mengikuti acara tersebut. Sebab, minat baca menjadi sesuatu yang sangat penting bagi generasi bangsa.

”Jelajah Literasi diselenggarakan di 14 sekolah di 14 kecamatan di Rembang. Dimulai di Pamotan, dan akan berakhir di Sarang,” kata dia.

Adapun pengisi pertama dari Perpuseru diwakili oleh Hary. Dalam kesempatan tersebut Hary membagikan tips agar minat baca para siswa lebih baik. Salah satunya, yakni dengan memulai membaca buku yang dianggap menarik terlebih dulu.

Pengisi kedua yakni Saiful Anwar dari Jawa Pos Radar Kudus. Saiful yang merupakan wartawan yang bertugas di Rembang itu membagikan tata cara menulis kepala atau lead berita secara singkat.

”Prinsipnya, menerapkan 5W+1H ke dalam kalimat berunsur SPOK. Nanti sudah menjadi lead berita yang baik,” katanya di hadapan ratusan siswa dan hadirin lain.

Setelah di Smansa Rembang kemarin, agenda serupa yang digagas Dinas Arpusda Rembang tersebut masih akan digelar di lima sekolah lain di Kota Garam.  Jelajah Literasi akan berakhir di Sarang pada awal September mendatang.

(ks/ful/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia