Minggu, 15 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Jelajah Literasi Sasar MA-SMK Walisongo Kaliori

17 Agustus 2019, 06: 11: 49 WIB | editor : Ali Mustofa

ANTUSIAS: Pemateri dari Bank Jateng berinteraksi dengan siswa MA dan SMK Walisongo Kaliori.

ANTUSIAS: Pemateri dari Bank Jateng berinteraksi dengan siswa MA dan SMK Walisongo Kaliori. (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

KALIORI,  Radar Kudus - Jelajah Literasi ke delapan menyasar ratusan siswa MA dan SMK Walisongo Kaliori, Rabu (14/8) kemarin. Sejumlah pemateri dan penampil dihadirkan dalam agenda yang diselenggarakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Rembang itu.

Antara lain yakni dari Jawa Pos Radar Kudus, Perpuseru, serta Bank Jateng. Selain itu, sebagaimana gelaran sebelumnya juga hadir band penghibur Home Band. Dari para siswa MA Walisongo, juga menyuguhkan penampilan drama singkat.

Pemateri pertama dari Perpuseru, Kak Aris dan Kak Sugi. Keduanya, sebagaimana gelaran sebelumnya, memotivasi para siswa membaca dengan sejumlah tips. Diharapkan, para siswa pun mempraktekkannya usai agenda tersebut.

Pengisi acara yang kedua, yakni dari Jawa Pos Radar Kudus Saiful Anwar. Dalam paparannya, salah satu cara untuk memotivasi membaca dan bahkan menulis untuk para siswa yakni dengan mengidolakan atau melihat tokoh besar yang dihormati dan disegani.

”Teman-teman tahu Mbah Mus atau Gus Mus ya? Beliau itu tidak lulus MTs, lho. Mengapa bisa jadi tokoh besar? Karena beliau rajin membaca dan menulis,” terangnya.

Selain mencontohkan tokoh yang kebetulan juga berulangtahun pada Agustus tersebut, Saiful juga menyebut masih banyak tokoh yang mampu menjadi tokoh nasional kendati pendidikan formalnya tak sebaik sebagaimana umumnya. Contohnya, yakni Susi Pujiastuti, Gus Dur, dan masih banyak yang lain.

Jelajah Literasi memang telah mencapai delapan sekolah di delapan kecamatan berbeda di Kabupaten Rembang. Jelajah Literasi akan digelar di SMAN 1 Rembang dan berlanjut ke lima sekolah lainnya di lima kecamatan. 

(ks/ful/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia