Minggu, 15 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Grobogan

Ketan Merah Putih di SD N 1 Kuripan Turut Meriahkan Kemerdekaan RI

15 Agustus 2019, 09: 20: 42 WIB | editor : Ali Mustofa

SELEBRASI: Ratusan siswa SD N 1 Kuripan, Kecamatan Purwodadi lakukan selebrasi ucapan HUT Kemerdekaan RI ke 74 dengan bahan makanan dari ketan.

SELEBRASI: Ratusan siswa SD N 1 Kuripan, Kecamatan Purwodadi lakukan selebrasi ucapan HUT Kemerdekaan RI ke 74 dengan bahan makanan dari ketan. (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN, Radar Kudus – Ada yang berbeda dalam peringatan HUT ke-74 RI di SD N 1 Kuripan, Kecamatan Purwodadi. Ratusan siswa antusias dan semangat ketika melihat tulisan angka 74 yang dibuat warna merah dan putih.

Warna merah dan putih tersebut berasal ketan. Kemudian ditaruh dalam tempat makanan dan ditata sedemikian rupa bisa membentuk tulisan angka 74.

Kepala SD N 1 Kuripan Sriyati mengatakan, peringatan kemerdekaan RI mengajak anak-anak untuk bersemangat belajar tinggi. Yaitu dengan mempelajari pejuang kemerdekaan dulu.

”Kami buat tulisan 74 dari ketan ini agar anak bisa meniru sifat ketan yang lengket untuk cinta tanah air,” kata Sriyati.

Usai membuat angka 74, ratusan siswa melakukan selebrasi ucapan kemerdekaan RI. Dilanjutkan dengan doa bersama untuk mendoakan pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

”Kue ketan ini langsung dimakan secara bersama-sama oleh siswa. Ini juga sekaligus mengenalkan makanan daerah,” ujarnya.

Selain itu, kemeriahan siswa juga menggelar lomba makan kerupuk, balap karung, berjalan pakai kelereng, dan pukul air dengan mata tertutup serta lomba jalan berpasangan dengan balon diapit.

Agung guru SDN 1 Kuripan menambahkan, penggunaan ketan merah putih mempunyai makna persatuan Indonesia agar bisa lengket seperti ketan. Jumlah ketan yang dibuat tulisan ada 226 bungkus ketan. Proses pembuatan ketan tersebut membutuhkan waktu tiga hari.

”Warna merah putih mewarnai HUT ke 74 RI. Ketan merekatkan di tanah air,” tandasnya.

(ks/mun/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia