Minggu, 15 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Ratusan Siswa SMAN 1 Sumber Digembleng Literasi

14 Agustus 2019, 15: 29: 00 WIB | editor : Ali Mustofa

PENUH EKSPRESI: Penampilan pembacaan puisi oleh siswa SMAN 1 Sumber dalam Jelajah Literasi kemarin.

PENUH EKSPRESI: Penampilan pembacaan puisi oleh siswa SMAN 1 Sumber dalam Jelajah Literasi kemarin. (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

SUMBER, Radar Kudus - Ratusan siswa SMAN 1 Sumber mengikuti acara bertajuk Jelajah Literasi di halaman sekolah setempat kemarin. Berbagai penampil memeriahkan agenda yang sudah digelar ketujuh kalinya itu.

Sebelumnya, agenda yang diselenggarakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Rembang itu telah dilaksanakan di enam sekolah di enam kecatan di Kota Garam. Yakni SMAN 1 Pamotan, SMKN 1 Sedan, SMAN 1 Sale, SMK Taruna Bulu, SMKN Gunem, dan SMAN 1 Sulang. 

Dalam kesempatan kemarin, dari sekolah juga menampilkan tari, pembacaan puisi serta dongeng. Ratusan siswa yang memadati area sekolah itu pun antusias mengikuti setiap agenda hingga akhir.

Suhardi, kepala sekolah SMAN 1 Sumber menyatakan apresiasi penuh acara yang juga diselenggarakan dalam rangka HUT ke-278 Rembang tersebut. Menurutnya, acara tersebut menjadi gebrakan melihat minat baca masyarakat Indonesia yang umumnya masih rendah.
"Ini seperti mendorong truk bermuatan penuh. Sangat berat, tapi harus dilakukan," kata Suhardi.

Bimo Ariwibowo Kabid Perpustakaan Arpusda Rembang mewakili penyelenggara mengungkapkan tujuan diselenggarakannya agenda tersebut, yakni untuk menggugah minat baca para siswa. Pihaknya pun berharap agenda ini bisa menjadikan siswa termotivasi lebih untuk membaca.

”Kegiatan ini kami selenggarakan di 14 sekolah di 14 kecamatan yang dimulai dari Pamotan dan ditutup di Sarang,” kata dia.

Sebagaimana penyelenggaraan sebelumnya, ada tiga pemateri dalam Jelajah Literasi. Yakni dari wartawan Jawa Pos Radar Kudus, Perpuseru, serta Bank Jateng. Ratusan siswa tampak antusias dan tak beranjak sejak dimulainya acara hingga penutupan oleh penampilan dari Home Band. 

(ks/ful/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia