alexametrics
Minggu, 25 Oct 2020
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Portal Rumah Belajar Wahana Eksplorasi Belajar

14 Agustus 2019, 07: 11: 19 WIB | editor : Ali Mustofa

Peni Retnowati, S.Pd.; Guru SMP 2 Jekulo Kudus

Peni Retnowati, S.Pd.; Guru SMP 2 Jekulo Kudus (dok pribadi)

Share this      

DI era digital kehidupan masyarakat sudah bergeser menjadi masyarakat informasional. Yaitu masyarakat yang memiliki basis pengetahuan.

Itu terjadi karena terjadi luapan konten informasi dan teknologi.Memudahkan masyarakat untuk menerima informasi dimana saja.Masyarakat memiliki kesempatan yang sangat besar menjadi konsumen bahkan produsen informasi. Sangat mudahmendapatkan informasi.Yang menyebabkan peningkatan pengetahuan.

Perubahan peradaban ini membawa konsekuensi terhadap pendidikan. Guru harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi itu. Sehingga mampu mengelola proses pembelajaran berkualitas. Menghasilkan output yang relevan. Mampu mengikuti perkembangan zaman.

Bukan hanya dari pihak guru, akan tetapi siswa bahkan masyarakat harus menguasai serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kompetensi dan pengetahuan. Karena guru bukanlah satu-satunya sumber belajar.

Dalam pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technologies) terdapat banyak konten pembelajaran digital. Itu dibuat untuk menjadi wahana eksplorasi sumber belajar baik bagi guru, siswa, bahkan masyarakat. Salah satunya portal belajar online, Portal Rumah Belajar. Konten online itu dikembangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom), dengan domain https://belajar.kemdikbud.go.id.

Rumah Belajar dibuat dan dikembangkan berdasarkan prinsip belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja.  Rumah Belajar menyediakan berbagai macam fitur interaktif dan menarik. Antara lain pada menu fitur utama terdapat delapan kelompok konten. yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya.

Pada menu Fitur Pendukung terdapat tiga kelompok konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam fitur pendukung.

Fitur Buku Sekolah Elektronik menjadi alternatif bagi siswa yang tidak dapat membeli buku fisik. Sebagai tambahan referensi acuan belajar. Fitur Sumber Belajar, menyajikan penjelasan materi pelajaran secara komprehensif dan interaktif. Materi dikupas mulai dari kompetensi, materi, simulasi, latihan, dan tes, disajikan dengan menggunakan audio video dan animasi. Sehingga diharapkan meningkatkan pemahaman siswa.

Fitur Bank Soal menyediakan kumpulan soal-soal latihan dan tes. Bisa dimanfaatkan siswa dalam menguji capaian belajarnya selama ini. Serta menambah perbendaharaan soal. Untuk menyelenggarakan kelas online dengan kesepakatan waktu diatur oleh guru dan siswa. Bisa memanfaatkan fitur Kelas Maya.

Fitur Peta Budaya disiapkan untuk menyediakan berbagai macam materi pembelajaran budaya di Indonesia. Wahana jelajah angkasa dikembangkan agar peserta didik lebih mudah mengenal benda-benda angkasa.

Karya guru dan karya komunitas memberi kesempatan pendidik mengunggah karya terbaiknya. Sehingga bisa berbagi informasi dan ilmu dengan yang lain.

Fitur Umum menyediakan konten sumber belajar  berisikan materi umum. Seperti berkebun, IT, elektronika dan sebagainya.

Konten bahan belajar dalam Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK). Sebagai sumber media pembelajaran termasuk masyarakat umum. Rumah Belajar sangat mudah diakses. Terlebih untuk mengaksesnya tidak dikenakan biaya. Bagi yang ingin mengeksplorasi sumber belajar melalui Rumah Belajar, maka cukup dengan registrasi menjadi anggota. Di era masyarakat informasional, yang berbasis pada pengetahuan, maka Rumah Belajar bisa menjadi wahana eksplorasi sumber belajar berbasis ICT (Information and Communication Technologie). Demi peningkatan kualitas kehidupan. (*)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP