Minggu, 15 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Politik

MK Putuskan Hasil Gugatan Djoko Udjianto dan Harmusa Besok

05 Agustus 2019, 11: 24: 16 WIB | editor : Ali Mustofa

MK Putuskan Hasil Gugatan Djoko Udjianto dan Harmusa Besok

REMBANG, Radar Kudus – KPU Rembang belum menentukan tanggal pelantikan DPRD Rembang terpilih menyusul hasil Pemilu 2019 pada 17 April lalu. Kini pihak KPU setempat masih menunggu putusan MK. Karena di wilayah Dapil 3 DPR RI dari partai Demokrat ada gugatan.

Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Partai Demokrat Dapil Jateng 3, Djoko Udjianto menggugat hasil perolehan suara rekan sesama caleg Demokrat, Harmusa Oktaviani. Ia menggugat hasil penghitungan yang selisih 2.487 dengan Harmusa.

Dari hasil pileg lalu Djoko Udjianto memeroleh 73.508 suara. Sementara Harmusa memperoleh 75.995 suara. Kini statusnya masih menunggu putusan MK. Sesuai rencana akan diputuskan Selasa besok (6/8).

Sebagai gambaran di tingkat MK ada 260 gugatan. Dari 58 gugur pada tanggal 22 Juli, karena tidak memenuhi syarat. Lalu sebanyak 122 perkara lanjut ke persidangan dan pembuktian serta kesaksian.

Untuk Jateng 3, Joko Udjianto dan Harmusa masuk di kategori 80 perkara yang tidak dibacakan atau tidak ada sidang lanjutan. Langsung menunggu sidang keputusan.

Ketua KPU Rembang M. Ika Iqbal Fahmi saat dikonfirmasi perkembangan Pileg disebutkan sudah tahapan terakhir. Dalam hal ini penetapan kursi partai dan calon terpilih. Demikian pihak KPU setempat masih menunggu putusan MK.

”Di Rembang termasuk Dapil 3 DPR RI dari Partai Demokrat. Sehingga saat ini kami masih menunggu putusan MK,” katanya saat dikonfirmasi Jawa Pos Radar Kudus kemarin (4/8).

Sesuai rencana jadwalnya antara pada Selasa-Jumat (6-9/8). Tentu setelah ada putusan MK keluar akan dilakukan penetapan. Termasuk diusulkan Gubernur untuk pelantikan, melalui Bupati Rembang.

Karena sesuai dengan akhir masa jabatan (AMJ) Rabu (14/8). Jadi KPU Rembang sudah mulai melakukan persiapan. Dengan cara komunikasi dengan sekwan maupun Pemkab Rembang. Setelah dilakukan penetapan harapannya prosesnya cepat.

”Benar kami masih menunggu putusan MK. Meskipun di DPRD kabupaten tidak ada gugatan, tetapi arahan KPU RI tidak boleh menetapkan sebelum ada putusan MK. Karena SK yang digugat KPU RI, menyeluruh DPRD kabupaten, provinsi, dan RI,” terangnya.

Iqbal menyampaikan di Jateng yang sudah menetapkan 16 kabupaten/kota. Kebetulan semua tidak ada gugatan. Termasuk Jepara maupun Kendal sudah bisa. Kecuali Rembang, Blora, Grobogan, Pati, dan Kudus tidak bisa.

Tentu setelah ditetapkan KPU Rembang tancap gas. Untuk mengusulkan, termasuk persiapan-persiapan yang dapat dicicil dilakukan. Karena banyak berkas yang harus disiapkan dalam proses tersebut.

”Kita cicil dahulu persiapan yang kamu lakukan. Begitupun komunikasi terus dijalin dengan sekwan dan pemda, sebab pengusulan melewati gubernur,” yakinnya.

(ks/noe/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia