Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Besok Akhir Pendaftaran Balon Kades di Jepara

23 Juli 2019, 16: 18: 50 WIB | editor : Ali Mustofa

Besok Akhir Pendaftaran Balon Kades di Jepara

KOTA, Radar Jepara – Masa pendaftaran bakal calon (balon) kepala desa (kades) tinggal besok. Hingga kemarin, panitia tingkat kabupaten masih menunggu rekapitulasi daftar balon kades dari masing-masing kecamatan.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Jepara Siswanto mengatakan, hingga kemarin pihaknya masih memantau pendaftaran melalui camat masing-masing. Namun rekap bakal calon kepala desa belum masuk ke panitia kabupaten. Pihaknya baru menerima data pendaftaran saat tahapan pilkades selesai.

”Pendaftaran tidak masuk ke bagian pemdes, laporan panitia pilkades langsung ke bupati nanti setelah semua tahapan pilkades selesai. Kami memantau kondisi di lapangan,” ujarnya.

Setelah pendaftaran ditutup, dilanjutkan dengan penelitian berkas pendaftaran  dan keabsahan administrasi bakal calon kepala desa. Penelitian tersebut dimulai sejak 25 Juli sampai 3 Agustus mendatang.

Kemudian hasilnya akan diumumkan selama tiga hari setelah penelitian berkas. Dilanjutkan penyampaian perbaikan berkas persyaratan dan keabsahan administrasi oleh balon kades kepada Panitia Pilkades. ”Perbaikan ini berlaku jika ada persyaratan administrasi yang kurang sesuai,” ujarnya.

Setelah dipastikan administrasi lengkap, panitia akan memberikan pengumuman   hasil penelitian kelengkapan berkas dan keabsahan  administrasi balon kades kedua dilanjutkan pembuatan berita acara.

Siswanto menambahkan, jika pendaftar pilkades lebih dari lima orang, untuk menentukan lima orang balon petinggi panitia melakukan seleksi tambahan. Seleksi tersebut dengan menentukan beberapa kriteria. Di antaranya pengalaman kerja di bidang pemerintahan, tingkat pendidikan, dan umur. Jika ada yang nilainya sama lebih dari satu orang akan dilakukan tes tertulis. Terhitung mulai 10 Agustus sampai 29 Agustus 2019.

(ks/war/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia