Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Korupsi vs Pramuka

23 Juli 2019, 10: 45: 00 WIB | editor : Ali Mustofa

H. Soleh Prihatin, SP.d, MP.d.; Guru SMAN 2 Bae Kudus

H. Soleh Prihatin, SP.d, MP.d.; Guru SMAN 2 Bae Kudus (dok pribadi)

Share this      

PENDIDIKAN adalah usaha sadar menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan/atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang.

Gerakan Pramuka adalah Gerakan (Lembaga) Pendidikan yang kompementer (mengkomplitkan pendidikan yang didapat oleh anak/remaja/pemuda di rumah/keluarganya dan di sekolahnya). Pada segmen yang belum ditangani oleh lembaga pendidikan yang lain dan untuk pelaksanaannya mengunakan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan di alam terbuka (out door activities). Sekaligus dapat menjadi upaya "self education" bagi  anak/remaja/pemuda/pramuka sendiri.

Pramuka yang identik dengan sikap disiplin akan membentuk proses yang berkesinambungan disiplin adalah kondisi yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, dan ketertiban. Sikap disiplin yang sudah menyatu dengan diri seorang pramuka yang sudah bermuatan tri satya dan dasa darma maka sikap atau perbuatan yang dilakukan tidak lagi dirasakan sebagai beban, bahkan sebaliknya akan membebani dirinya bilamana ia tidak berbuat sebagaimana lazimnya.

Trisatya merupakan janji Pramuka dan Dasadarma merupakan pedoman bagi insan Pramuka dalam kehidupannya sehari-hari baik dalam keluarga maupun dalam pergaulan dengan teman-teman sebayanya, secara lengkap berbunyi sebagai berikut. Trisatya: Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh: menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan mengamalkan Pancasila-menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat, seorang siswa/pramuka yang sudah pernah berjanji ini dia akan terngiang dan tersimpan dan di jadikan pedoman dalam melangkah yang nantinya kalau dia menjadi pejabat dia akan menjadi pejabat yang jujur.

Dasadarma Pramuka itu takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Patriot yang sopan dan ksatria. Patuh dan suka bermusyawarah. Rela menolong dan tabah. Rajin terampil dan gembira. Hemat cermat dan bersahaja. Disiplin berani dan setia. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.

Itu akan menjadi dasar perilaku siswa yang sudah dididik secara integral dalam pramuka. Sikap mental, yang merupakan sikap taat dan tertib, sebagai proses atau pengembangan dari belajar/latihan yang berupa pengendalian pikiran, dan pengendalian watak. Pemahaman yang baik mengenai sistem aturan, perilaku, norma, kriteria, dan standar, yang sedemikian rupa sehingga pemahaman tersebut menumbuhkan pengertian yang dalam atau kesadaran bahwa ketaatan akan aturan, norma kriteria dan standar tadi merupakan syarat untuk mencapai keberhasilan. Di sisi lain korupsi adalah tindakan seseorang yang menyalahgunakan kepercayaan dalam suatu masalah atau organisasi untuk mendapatkan keuntungan.

Tindakan korupsi ini terjadi karena beberapa faktor yang terjadi di dalam kalangan masyarakat. Faktor internal merupakan sifat yang berasal dari diri kita sendiri. Kalau kita saksikan media masa banyak pejabat dan mantan pejabat yang terjerat kasus korupsi ini merupakan drama yang memilukan bagi anak bangsa dan gererasi muda, namun para pemangku kebijakan di dunia pendidikan nampaknya lebih jeli dalam melihat secercah cahaya dan harapan di tengah tengah hiruk pikuknya masalah korupsi ini yaitu dengan menempatkan pramuka menjadi ektrakurikuler wajib di sekolah. Mengapa harus pramuka, hal ini karena pramuka bisa mengakomodir semua elemen anak bangsa tanpa memandang suku, ras, dan agama dan muatanya jelas yaitu tri satya dan dasadarma yang menjadi kode etik insan pramuka. Seorang siswa/pramuka yang sudah didik untuk suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan nantinya dia akan terjun di masyarakat dengan luwes dan berkarakter dan akan menjilma menjadi generasi yang jujur tangguh dan anti korupsi. (*)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia