Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

KKN Unisnu 2019 Periode II Diterjunkan Hari Ini

23 Juli 2019, 09: 17: 03 WIB | editor : Ali Mustofa

PRA PENERJUNAN: Mahasiswa Unisnu Jepara mengikuti program Bakti Desa pada Minggu (21/7) untuk mengawali penerjunan KKN Periode II yang digelar hari ini.

PRA PENERJUNAN: Mahasiswa Unisnu Jepara mengikuti program Bakti Desa pada Minggu (21/7) untuk mengawali penerjunan KKN Periode II yang digelar hari ini. (UNISNU FOR RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA, Radar Jepara Pagi ini Selasa (23/7) bertempat di Pendopo Kabupaten Jepara, mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2018/2019 periode II rencananya akan diterjunkan oleh Plt Bupati Jepara bersama Rektor. Sebanyak 506 Mahasiswa dari Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) diserahterimakan oleh kampus untuk di terjunkan ke berbagai wilayah di Kabupaten Jepara. Meliputi empat kecamatan, di antaranya Batealit, Kembang, Tahunan, dan Welahan. Adapun beberapa peserta juga akan diterjunkan ke beberapa desa di wilayah Kecamatan Wedung, Demak serta Kecamatan Jati, Kudus.

Selama kurang lebih 40 hari terhitung mulai 23 Juli sampai dengan 2 September 2019, untuk program KKN Reguler akan menempati posko desa. Agar mahasiswa peserta KKN juga bisa bercengkerama lewat berbagai program di tengah masyarakat. Adapun KKN Alternatif akan berlangsung sampai 60 hari dan berakhir hingga 20 September 2019. Seluruh mahasiswa peserta KKN akan berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat desa di empat kecamatan tersebut dengan berbagai program unggulannya. Dengan mengangkat tema KKN Pengembangan Inovasi Desa berbasis Pendidikan, Ekonomi dan Teknologi ini diharapkan seluruh peserta KKN menjadikan kegiatan ini sebagai wahana transfer keilmuan dan mengimplementasikan pengetahuan yang didapat selama kuliah kedalam hidup sosial bermasyarakat.               

Direncanakan hadir juga pada penerjunan ini, jajaran Rektorat Unisnu, Ketua Yaptinu, Pengurus PCNU, Jajaran Forkopimda dan dinas terkait, serta camat lokasi KKN. Ketua Pelaksana KKN (PPKKN) Unisnu Tahun Akademik 2018/2019 Hadi Ismanto, menjelaskan selama mahasiswa mengabdi di tengah masyarakat, terlebih dahulu akan diawali dengan proses observasi dan assessment, dengan berpedoman pada Tri Dharma Perguruan Tinggi. Diharapkan proses ini akan menggali lebih jauh berbagai potensi desa apalagi yang berkaitan dengan inovasi desa.

KKN  Unisnu tahun ini digelar dua periode. Yang pertama di bulan Januari dan kedua di bulan Juli. “Untuk tahun ini, selain di wilayah Kabupaten Jepara, kami juga sudah memulai di kabupaten lain di antaranya Kudus dan Demak," terang Hadi.

Sebagai kegiatan pembuka pra penerjunan, Panitia Pelaksana KKN (PPKKN) juga menginisiasi program Bakti Desa pada Minggu (21/7) yang dibuka langsung oleh Petinggi Maserum di Balai Desa Tahunan. Sebagai agenda rutin yang akan dijalankan setiap tahun untuk mendekatkan diri dengan masyarakat pedesaan, melalui kegiatan bersih desa diharapkan peserta KKN turut serta membersihkan lingkungan desa bersama-sama.

Dipilihlah  empat titik lingkungan yang ada di sekitaran Desa Tahunan, yakni Wana Wisata Desa, Lapangan Tahunan, Kantor Puskesmas Pembantu, serta sekitaran sungai komplek Kampus UNISNU. ”Pemilihan keempat lokasi Bakti Desa ditentukan berdasarkan masukan dan kebutuhan masyarakat, lokasi-lokasi berikutnya akan menyasar ke desa desa terdekat,” ujar Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Purwo Adi Wibowo.

(ks/war/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia