Minggu, 18 Aug 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Kreasi Busana Carnival Tampilkan kearifan lokal Jepara

23 Juli 2019, 09: 07: 11 WIB | editor : Ali Mustofa

MAKIN MONCER: Busana carnival karya seniman Jepara Bayu Supriyanto tampil dengan beragam desain.   

MAKIN MONCER: Busana carnival karya seniman Jepara Bayu Supriyanto tampil dengan beragam desain.   (Bayu For Radar Kudus)

Share this      

JEPARA, Radar Kudus - Kreasi busana carnival karya seniman Jepara Bayu Supriyanto makin beragam. Berbagai kearifan lokal Jepara ditampilkan dalam desain busana buatannya. Yang terbaru di antaranya busana dengan tema Macan Kurung.

Busana itu ditampilkan dalam karnaval bertabur bintang akhir pekan lalu. Busana lainnya yang juga ditampilkan yakni Dewa Ruci, Naga Emas, Garuda Nusantara, dan Dewi Sri.

Terkait busana Macan Kurung sendiri, Bayu menceritakan, tak terlepas dari kearifan lokal yang populer di Jepara yakni ukiran Macan Kurung. Macan Kurung itu, bahkan saat ini menjadi salah satu yang juga ditampilkan di tugu perbatasan Jepara-Kudus.

Untuk busananya sendiri, Bayu menyampaikan, di bagian atas ditampilkan desain Macan Kurung yakni seekor macan yang berada di dalam kurungan. Di atas kurungan itu ditambah desain ukiran berwarna kuning keemasan yang menarik.

Dia melanjutkan, pada bagian kanan dan kiri macan itum ditampilkan ukiran lung-lungan Jepara berwarna abu-abu lengkap dengan bungan dan daun yang memiliki dominasi warna kuning keemasan.

Bayu menuturkan, busana itu semakin cantik dengan kain Tenun Troso yang memiliki motif menarik. ”Kain Troso untuk ekor baju dan juga selendang,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Bayu melanjutkan, dia juga menampilkan batik Jepara yang memiliki motif ukir-ukiran. ”Batik untuk bagian celananya,” jelasnya.

Bayu mengatakan, pihaknya sengaja menampilkan kearifan lokal Jepara dalam busana carnival agar karyanya memiliki ciri khas. ”Juga sebagai upaya untuk mempromosikan Jepara,” ungkapnya.

Saat ini, kiprah Bayu dalam hal busana carnival tak hanya populer di Jepara. Saat ini dia sedang menyiapkan baju-baju carnival untuk even Wonderfull Artchipellago Carnival Indonesia di Jember Agustus mendatang. ”Itu kolaborasi beberapa seniman dari berbagai daerah,” imbuhnya.

(ks/emy/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia