alexametrics
Sabtu, 19 Jun 2021
radarkudus
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Perampok Tembak Paha Pegawai Minimarket, Bawa Kabur Uang Jutaan Rupiah

15 Juli 2019, 14: 11: 48 WIB | editor : Ali Mustofa

TUNJUKKAN: Kapolsek Nalumsari, AKP I Made Surawan menunjukkan laci yang dirampok di minimarket, Sabtu siang kemarin.

TUNJUKKAN: Kapolsek Nalumsari, AKP I Made Surawan menunjukkan laci yang dirampok di minimarket, Sabtu siang kemarin. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Dua pelaku perampokan menjalankan aksinya di minimarket di Jalan Jepara Kudus turut RT 6/RW 1, Desa Tunggul Pandean, Nalumsari, Jepara, Jumat (12/7) malam. Mereka menggunakan pistol jenis air softgun. Satu di antara pelaku sempat melukai satu karyawan dengan tembakan itu di bagian paha.

Dari penulusuran wartawan Jawa Pos Radar Kudus, minimarket tersebut kemarin sudah beroperasi. Saat didatangi garis polisi di TKP sudah dilepas.

Ada tiga karyawan indomaret di lokasi itu. Tapi tiga karyawan itu bukan yang kerja saat kejadian.

Baca juga: Ide Muncul ketika Lihat Anak Memuntahkan Buah

BARANG BUKTI: Kapolsek Nalumsari, AKP I Made Surawan menunjukkan CCTV di minimarket Sabtu siang kemarin.

BARANG BUKTI: Kapolsek Nalumsari, AKP I Made Surawan menunjukkan CCTV di minimarket Sabtu siang kemarin. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

”Baru kali ini minimarket di sini (Tunggul Pandean, Red) dirampok,” jelas salah satu karyawan yang tak mau disebutkan namanya.

Ia mengungkapkan pada saat kejadian lokasi sekitar Indomaret memang sepi. Tak banyak lalu lalang orang. ”Misalkan ada itu kendaraan. Bukan ramai orang,” tambahnya.

Saat kejadian ada tiga karyawan minimarket. Ghofur, Vina, dan Rofik. Poisi Rofik saat kejadian berlindung di bagian gudang. Sementara Vina dan Ghofur ada di ruang utama minimarket.

”Semua pada ketakutan. Vina tidak ditembak hanya diancam. Ghofur ditembak dibagian paha,” jelasnya.

Salah satu warga tetangga minimarket Yati, 30, mengaku tak mendengar ada suara tembakan. Dia hanya mendengar suara menutup pintu minimarket. Sebagiamana lumrahnya minimarket pukul 22.00 menutup pintu. ”Saya dengar suara kreek gitu. Padahal saya pkul 22.00 merebus mie. Kemudian minum obat. Karena ngantuk saya tidak dengar tembakan,” jelasnya.

Rumah Yati dan Indomaret hanya berbatasan pagar setinggi tiga meter. Dari minimarket itu rumah Yati tidak terlihat. Tertutup pagar.

Saat wartawan ini ke RSU Kumala Siwi, korban Ghofur sudah dibawa pulang. Dia hanya rawat jalan. 

Kasatreskrim Polres Jepara AKP Mukti Wibowo menjelaskan, kejadian sekitar pukul 22.22. Pasca kejadian, Polres Jepara langsung melakukan olah TKP. Saat olah TKP untuk keperluan penyelidikan diambil CCTV dan  sidik jari. ”Kami juga minta beck up dari Polda Jawa Tengah. Mohon doanya segera bisa diungkap,” tambahnya.

Informasi di lapangan ada dua orang bertopeng mengendarai kendaraan roda dua dari arah Jepara. Kedua orang itu masuk ke dalam minimarket. Keduanya melakukan pengancaman terhadap dua pegawai toko.

”Setelah diancam mengambil rokok dan uang. Total kerugian Rp 5 juta. Sekitar Rp 3,1 juta uang cash dan sisanya rokok,” tegasnya. Pihaknya masih lakukan penyisiran di sekitar lokasi.

Kapolsek Nalumsari AKP I Made Surawan menambah dua orang pelaku yang belum diketahui identitasnya mendatangi minimarket dengan menggunakan sepeda motor Honda Vario berwarna merah. Pelaku sempat masuk mengamati situasi kemudian keluar. Selanjutnya pelaku kembali masuk dan menembakkan air softgun.

Pelaku awalnya menembakkan di sekitar konsumen sebanyak dua kali dan meminta pembeli meninggalkan toko, namun pembeli tidak meninggalkan toko dan memilih bersembunyi di gudang belakang. "Karyawan laki-laki yang berada di meja kasir yang awalnya jongkok kemudian berdiri dan melihat apa yang terjadi. Bersamaan dengan itu pelaku berjalan ke arah meja kasir dan mengancam dengan menggunakan pistol kemudian menembak karyawan tersebut," katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Selanjutnya kedua pelaku mengambil uang Rp 3,1 juta yang ada di dalam laci serta beberapa rokok sampoerna mild merah. Setelah berhasil mengambil uang dan rokok kemudian kedua pelaku pergi dengan mengendarai sepeda motor yang diparkir di depan toko.

Beruntung luka yang dideritanya tak parah. Dia hanya terluka pada paha sebelah kiri. "Kondisinya sudah membaik, semalam (Jumat malam) juga sudah bisa dimintai keterangan," jelasnya.

Dia menyatakan, pelaku diduga ada dua orang. Saat beraksi mereka menggunakan masker dan penutup kepala. Aksinya juga sempat terekam cctv minimarket. "Pelaku dua orang saat ini masih dilakukan pengejaran," tuturnya.

Dia menambahkan, masyarakat khususnya para pemilik usaha diharapkan bisa lebih waspada. "Harus lebih waspada, jika ada orang yang mencurigakan dan membahayakan segera melapor ke Polsek terdekat," imbuhnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP