Minggu, 17 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Rembang

Dinpermades Bakal Turun ke 40 Desa yang Belum Ajukan DD Tahap II

11 Juli 2019, 15: 52: 30 WIB | editor : Ali Mustofa

Dinpermades Bakal Turun ke 40 Desa yang Belum Ajukan DD Tahap II

KOTA –  Batas normal pengajuan Dana Desa (DD) tahap 2 yakni akhir triwulan kedua atau akhir bulan lalu. Namun hingga akhir pekan pertama bulan ini, masih ada empat puluhan desa yang bahkan belum mengajukan DD tahap II. Pihak Dinpermades pun menyatakan kemungkinan turun ke desa-desa apabila mendesak dilakukan.

Hingga akhir pekan lalu, setidaknya masih ada 40 desa yang belum mengajukan DD. Sedangkan, apabila ditambah desa yang sudah mengajukan namun belum sampai tahap pencairan, jumlah desa yang Dana Desa tahap II-nya belum cair mencapai 83 desa.

Kepala Dinpermades Rembang Sulistiyono mengungkapkan, pihaknya akan melakukan upaya-upaya agar puluhan desa yang belum mengajukan itu segera mengajukan. Sebab, program pemdes bisa terganggu bila tak segera dilakukan pencairan.

”Kami akan koordinasi dengan Pak Camat untuk tindaklanjuti. Kalau Pak Camat belum mengatasi, kami akan turun ke desa-desa untuk membantu ada kendala apa untuk proses pengajuan,” paparnya kemarin.

Upaya itu dinilai yang paling tepat dilakukan mengingat sebenarnya pencairan Dana Desa memang hak bagi setiap desa. Sebagaimana diketahui, minggu kedua triwulan kedua memang batas akhir pencairan Dana Desa tahap I, dan minggu keempat merupakan batas pencairan DD tahap II.

Lebih lanjut Sulistiyono memaparkan, apabila setelah dilakukan pengecekan langsung ke desa-desa masalah belum juga teratasi, pihaknya pun akan melakukan langkah lebih lanjut.

”Selanjutnya, berdasarkan monitoring ke desa bisa pembinaan teguran, sampai penanganan ke Inspektorat bila ada permasalahan kerugian negara,” tukas Sulistiyono.

(ks/ali/ful/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia