Minggu, 17 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Jauhi Narkoba dan Nikah Dini, Forum Genre Jepara Tampilkan Triad KRR

11 Juli 2019, 15: 01: 30 WIB | editor : Ali Mustofa

SOSIALISASI: Forum Genre Jepara menampilkan drama musikal Triad KRR beberapa waktu lalu.

SOSIALISASI: Forum Genre Jepara menampilkan drama musikal Triad KRR beberapa waktu lalu. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Forum Genre Jepara menampilkan drama musikal yang menyentil kehidupan remaja saat ini. Di antaranya banyaknya kasus penyalahgunaan narkotika hingga pernikahan tanpa perencanaan yang matang (pernikahan dini).

Drama musikal yang diperankan belasan anak dari Forum Genre Jepara ini ditampilkan dalam peringatan Hari Keluarga Nasional ke 26 dan Hari Anak Nasional ke 35 di Jepara. Penampilan mereka cukup menarik perhatian, sebab tak hanya menampilkan drama tetapi dipadukan pula dengan musik hingga tari.

Penampilan drama musikal yang mengangkat tema besar Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja (Triad KRR) itu diawali dengan alunan musik gamelan dan beberapa penari kreasi di atas panggung. Setelahnya, ada sesi drama yang menampilkan kehidupan anak-anak sekolah saat ini. Terakhir mereka menyanyi bersama dan menutup drama musikal tersebut dengan mengucapkan selamat Hari Keluarga Nasional ke 26 dan Hari Anak Nasional ke 35.

Duta Generasi Berencana (Genre) Jepara 2019, Sabela Devita mengatakan, penampilan itu sebagai upaya sosialisasi bagi para generasi muda. ”Pada acara itu dihadiri para pelajar juga, jadi kami ingin mengajak mereka untuk mengenal ancaman generasi muda yang ada saat ini dan menjauhinya,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Sabela melanjutkan, Forum Genre mengajak remaja untuk bergaul sesuai usianya. Termasuk tidak menggunakan  narkotika yang saat ini merebak dan banyak pula disalahgunakan generasi muda.

Di sisi lain, mereka juga memberikan pengetahuan tentang perencanaan menikah. Khususnya mengenai usia. ”Usia minimal 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki,” jelasnya.

Tak hanya itu, untuk menghadapi tantangan ke depan generasi muda tak bisa bersantai. Tetapi remaja juga harus memiliki life skill atau keterampilan hidup guna menghadapi tantangan dan tuntutan zaman.

Sabela menuturkan, selain melakukan sosialisasi di even-even besar sabela menuturkan Duta Genre Kabupaten Jepara juga sering membuat berbagai acara serupa dalam lingkup yang lebih kecil. ”Sering juga kita datang ke sekolah atau ke desa-desa untuk sosialisasi pada generasi muda,” imbuhnya.

(ks/emy/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia