Minggu, 17 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Aksi Pocil hingga Fashion Show Ramaikan Perayaan HUT ke-73 Bhayangkara

11 Juli 2019, 11: 11: 06 WIB | editor : Ali Mustofa

KREATIF: Salah satu peserta kirab budaya dalam rangka HUT ke-73 Bhayangkara tampil dengan busana kreasi di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus kemarin.

KREATIF: Salah satu peserta kirab budaya dalam rangka HUT ke-73 Bhayangkara tampil dengan busana kreasi di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus kemarin. (DIYAH AYU FITRIYANI/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA – Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-73 Bhayangkara di Kudus belum selesai. Kemarin, selain upacara, Polres Kudus juga melaksanakan gelaran kirab budaya. Bertempat di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, ratusan peserta unjuk diri dengan beragam kreasi di depan Bupati Kudus M Tamzil jajaran Forkopimda Kabupaten Kudus. Mulai dari marching band, fashion show, drama, hingga kesenian barongsai.

Adapun peserta kirab budaya ini dari sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kudus seperti penampilan dari SMP 1 Kudus yang menampilkan drama terkait operasi jaran candi. Drama yang putra Kapolres Kudus menceritakan adanya penangkapan komplotan curanmor yang berhasil ditangkap oleh Satuan Reserse Polres Kudus.

Tak hanya, menampilkan cuplikan aksi kejahatan saja, cerita disajikan lengkap hingga proses gelar perkara yang dipimpin Kasat Reskrim yang diperankan putra Kapolres Kudus. Penampilan yang yang mencuri perhatian masyarakat juga datang dari SMK NU Banat Kudus. Para siswa menampilkan fashion show dengan kreasi busana berbahan tenun troso. Desain busana dibuat oleh salah sati siswa. Karya ini juga ditampilkan di ajang fashion show di Paris Perancis.

Dalam perayaan HUT ke-73 Bhayangkara juga diisi dengan aneka kegiatan seperti penampilan polisi cilik (pocil) dari Polres Kudus. Tim pocil ini tahun lalu tampil dihadapan Presiden Republik Indonesia saat perayaan HUT ke-72 Bhayangkara di Jakarta.

Kapolres Kudus AKBP Saptono mengungkapkan, dalam perayaan HUT ke-73 Bhayangkara kirab budaya dipilih untuk menunjukkan potensi yang dimiliki Kudus. ”Kudus memiliki sesuatu yang baik. Banyak potensi-potensi dari sumber daya yang ada di masyarakat. Kami berikan wadah untuk tampil disini,” katanya

Dalam kesempatan yang sama, Polres Kudus juga memberikan hadiah kepada peserta lomba-lomba yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-73 Bhayangkara. Seperti lomba burung berkicau, dan terabas. Tak hanya itu, penghargaan juga diberikan kepada sejumlah tokoh ataupun instansi, perusahaan dan jurnalis yang berperan dalam mendukung kegiatan Polres Kudus.

”Ke depan kami akan berusaha lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan ke masyarakat dengan teknologi yang ada,” pungkas Saptono.

Bupati Kudus Muhammad Tamzil mengatakan, Upacara HUT Bhayangkara kali ini dilangsungkan di tengah kota. Hal ini sebagai upaya Polri untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. Harapannya dapat terjalin kedekatan antara Polri dengan masyarakat.

”Kami berharap Polri semakin baik dalam melayani masyarakat. Seperti saat pembuatan SIM ataupun pelayanan lainnya”, ujar Tamzil saat ditemui usai upacara.

(ks/mal/daf/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia