Minggu, 17 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Unisnu Jepara Ajak Guru Terapkan Sistem Informasi Akademik Sekolah

10 Juli 2019, 15: 01: 37 WIB | editor : Ali Mustofa

INOVATIF: Dosen Unisnu Jepara bersama guru SMP Islam Pecangaan usai sesi materi Pembuatan (SIAS) untuk Mengoptimalkan Pengelolaan Administrasi Pembelajaran kemarin.

INOVATIF: Dosen Unisnu Jepara bersama guru SMP Islam Pecangaan usai sesi materi Pembuatan (SIAS) untuk Mengoptimalkan Pengelolaan Administrasi Pembelajaran kemarin. (UNISNU FOR RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARADosen Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di SMP Islam Pecangaan Jepara kemarin. Pengabdian tersebut bertajuk Pembuatan Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAS) untuk Mengoptimalkan Pengelolaan Administrasi Pembelajaran.

Dosen yang terlibat di antaranya Darnoto, Husni Mubarok, dan Danang Mahendra. Pengabdian ini untuk mengenalkan sistem informasi akademik yang menunjang proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan civitas akademik sekolah dalam penggunaan aplikasi berbasis IT. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan pemangku kebijakan di SMP Islam yang berjumlah 34 peserta. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pergeseran paradigma dalam pembelajaran dari konvensional menuju digital learning administration dalam menghadapi tantangan pembelajaran era 4.0.

Guru dituntut tidak hanya mempersiapkan administrasi pembelajaran dengan cara technology-based, tetapi juga mampu mengoptimalkan proses dan perangkat pembelajaran secara digital. Dengan SIAS ini, guru dapat mengunggah perangkat pembelajaran. Terdiri dari prota, promes, silabus, RPP, dan penugasan secara online. “Yang secara otomatis akan tersimpan dalam database internet,” kata salah satu dosen, Husni Mubarok.

Ia menambahkan, kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat membantu guru dalam pengelolaan pembelajaran. Hal ini sebagai upaya pengurangan limbah kertas dalam kegiatan pembelajaran. Karena penugasan dan kuis dapat dilaksanakan secara online dengan menggunakan sistem informasi tersebut.

Selain kegiatan pelatihan, guru juga memperoleh kegiatan pendampingan dalam penggunaan SIAS tersebut. Meliputi upload perangkat pembelajaran, penugasan/kuis online, dan pengaturan jurnal pembelajaran online. Hasil dari kegiatan pendampingan ini adalah guru dapat mengoperasionalkan SIAS dan menggunakannya dalam pembelajaran di kelas.

(ks/war/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia