Minggu, 17 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Blora

Dinporabudpar Keluarkan Enam Rekomendasi untuk Wisata Kampung Bluron

10 Juli 2019, 14: 30: 11 WIB | editor : Ali Mustofa

DIPERBAIKI: Kondisi Wisata Kampung Bluron, di Desa Tempuran Blora usai dibenahi belum lama ini.

DIPERBAIKI: Kondisi Wisata Kampung Bluron, di Desa Tempuran Blora usai dibenahi belum lama ini. (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

Share this      

BLORA – Rekomendasi untuk pengelola objek wisata Kampung Bluron akhirnya keluar. Total ada enam poin dalam rekomendasi yang disusun oleh Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora.

Kepala Dinporabudpar Slamet Pamuji mengaku, dari hasil monitoring dan evaluasi tersebut, ada beberapa poin yang di rekomendasikan. Ini untuk mengantisipasi supaya tidak ada lagi insiden pengunjung tewas di objek wisata tak terulang kembali.

Pertama, pengelola diharapkan memperbarui segala macam hal yang berhubungan dengan perizinan usaha. Khususnya terkait Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Berikutnya, bisa melengkapi peralatan safety. Berupa Alat Pemadam Api Ringan (APAR), ban dan jaket pelampung. Selain itu, pengelola juga diminta untuk meningkatkan kemampuan tenaga pengawas kolam renang yang ada. Supaya terlatih dan menguasai Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Khususnya teknik water rescue.

”Menyertakan asuransi bagi wisatawan di setiap tiket masuknya. Menambah papan informasi dan peringatan khususnya untuk membedakan kolam renang/kolam bermain dewasa dan anak-anak. Kemudian membuat pagar pembatas antara kolam dewasa dan kolam anak-anak,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jateng Sabarudin Hulu mendorong kasus tersebut bisa diselesaikan dengan tuntas. Khususnya penanganan di ranah hukum yang ada di Polres Blora. 

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia