Minggu, 17 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Politik

PKB Pastikan Kursi Mussalam untuk Haryono, Ini Alasannya

09 Juli 2019, 09: 51: 07 WIB | editor : Ali Mustofa

VERIFIKASI: Komisioner KPU Kabupaten Pati memverifikasi dan klarifikasi di Kantor DPC PKB baru-baru ini.

VERIFIKASI: Komisioner KPU Kabupaten Pati memverifikasi dan klarifikasi di Kantor DPC PKB baru-baru ini. (DOKUMEN KPU PATI)

Share this      

KOTA – Caleg yang berpotensi terpilih di Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019, Mussalam bakal diganti dengan Haryono. Hal itu dipastikan, karena Mussalam belum lama ini meninggal lantaran sakit. Sesuai aturan, Mussalam dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dan tidak bisa mendapatkan peringkat dalam penetapan kursi.

”Berdasarkan perolehan suara yang ada, PKB memutuskan Haryono untuk menggantikan Mussalam. Sebab pria yang saat ini menduduki kursi anggota Komisi A DPRD Kabupaten Pati tersebut meraih suara tertinggi kedua setelah Mussalam di dapil III,” jelas Sekretaris DPC PKB Ah Husain baru-baru ini usai kedatangan KPU dan Bawaslu di kantornya. Hal itu dalam rangka klarifikasi meninggalnya caleg yang berpotensi terpilih tersebut.

Seperti diketahui, pada Pileg 17 April lalu, Mussalam yang bertarung di dapil III Pati meraup 5743 suara. Di bawahnya, Haryono meraup perolehan 5393 suara. ”Setelah kami melakukan musyawarah bersama dan klarifikasi dengan KPU, akhirnya diputuskanlah Haryono sebagai pengganti Mussalam yang akan duduk di kursi DPRD Kabupaten Pati,” terangnya.

Ketua KPU Kabupaten Pati, Imbang Setiawan menjelaskan, pihaknya sudah melakukan klarifikasi terkait penggantian caleg tersebut. Hanya saja masih ada tindak lanjut untuk penetapan kursi dan caleg terpilih.

Seperti diketahui, kasus tersebut disikapi KPU Kabupaten Pati dengan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2019. Dimana disebutkan jika ada calon yang dinyatakan tidak sah setelah penghitungan suara hingga sebelum penetapan kursi, aturannya adalah yang bersangkutan tidak akan disertakan dalam peringkat, ketika proses penetapan kursi tersebut. Di Kabupaten Pati, ada tiga caleg yang tidak bisa mengikuti pemeringkatan. Selain Mussalam, ada Budiyono caleg PDI Perjuangan dapil Pati V yang juga meninggal. Dan Abu Yazid Al Busytomi dari PPP, yang mengundurkan diri dari pencalonan.

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia