Selasa, 23 Jul 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Di Sidang Adjudikasi Lanjutan, Bawaslu Tolak Laporan Terlapor

26 Juni 2019, 16: 20: 04 WIB | editor : Ali Mustofa

BACAKAN PUTUSAN: Ketua Majelis Hakim sidang adjudikasi Sahirul Alim memimpin sidang putusan yang memutuskan menolak laporan pelapor di gedung Bawaslu Grobogan.

BACAKAN PUTUSAN: Ketua Majelis Hakim sidang adjudikasi Sahirul Alim memimpin sidang putusan yang memutuskan menolak laporan pelapor di gedung Bawaslu Grobogan. (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN – Bawaslu Kabupaten Grobogan menolak laporan dari pelapor, Tohirin. Laporan Tohirin yang mempermasalahkan penetapan Bambang Guritno sebagai caleg dari PDI P ditolak. Keputusan itu diambil Bawaslu setelah mempertimbangkan alat bukti, fakta di lapangan, dan keterangan saksi.

Sidang adjudikasi lanjutan sengketa Pemilu itu digelar kemarin. Dengan agenda pembacaan putusan. Hakim membacakan putusan setelah menelaah kesimpulan dari pelapor dan terlapor. Setelah sebelumnya melalui serangkaian pemeriksaan, keterangan saksi-saksi, kesimpulan, hingga sampai di tahap putusan.

”Hasil dari musyawarah majelis memutuskan menolak laporan dari pelapor (Tohirin, Red),” kata Ketua Majelis Hakim Sidang Adjudikasi Sahirul Alim kemarin.

Laporan dari pelapor itu ditolak karena ada pertimbangan pembuktian. Yakni dengan alat bukti tulis, fakta di lapangan, dan keterangan saksi serta alat tulis. ”Pertimbangan dari hasil pembuktian di persidangan beberapa kali kami mengambil putusan menolak. Menolak laporan pelapor,” ujarnya.

Menurutnya dengan menolak pelapor, KPU sebagai penyelenggara Pemilu telah memenuhi prosedur untuk semua administrasi. Terutama masalah kesehatan yang sudah dilakukan tim dari dokter RSUD R Soedjati Purwodadi. ”Jadi secara administrasi sudah ada,” tandasnya.

Sidang adjudikasi dugaan pelanggaran Pemilu 2019 itu mempermasalahan penetapan DCT di Pileg DPRD atas nama Grobogan Bambang Guritno dari PDI P. Sidang tersebut tak dihadiri oleh Tohirin selaku pelapor. Sedangkan dari pihak KPU selaku terlapor hadir dalam sidang kemarin.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo mengatakan, prosedur yang dilakukan penetapan DCT sudah sesuai dengan ketentuan. Sehingga adanya putusan penolakan pelapor, membuktikan bahwa penetapan DCT sudah benar karena sudah sesuai dengan prosedur. 

(ks/mun/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia