Jumat, 13 Dec 2019
radarkudus
icon featured
Hukum & Kriminal

Terdakwa Pencurian Kayu Senilai Rp 100 Ribu Dituntut Setahun Dua Bulan

Pengacara Nilai Jaksa Abaikan Kemanusiaan

26 Juni 2019, 15: 53: 04 WIB | editor : Ali Mustofa

KURSI PESAKITAN: Jasmin mengikuti sidang lanjutan dengan agenda pembacaan tuntutan. Dia dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman penjara satu tahun dua bulan.     

KURSI PESAKITAN: Jasmin mengikuti sidang lanjutan dengan agenda pembacaan tuntutan. Dia dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman penjara satu tahun dua bulan.      (Subekan/radar kudus)

Share this      

BLORA – Jasmin, terdakwa pencurian kayu senilai Rp 142.912 menjalani sidang lanjutan kemarin. Dalam sidang kemarin, Jasmin dituntut oleh jaksa dengan hukuman satu tahun dua bulan penjara dan denda Rp 500 juta.

Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan kemarin dipimpin langsung oleh Agustinus Asgari Mandala Dewa, Yunita, dan Endang Dewi Nugraheni, serta Panitera pengganti Kristina. Sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU) adalah Karyono. Untuk terdakwa sendiri didampingi langsung oleh Tim dari Blora Lawyers Club (BLC) Danit Sasmarwan.

Dalam sidang kemarin, JPU Karyono menuntut terdakwa dengan satu tahun dua bulan penjara dan denda Rp 500 juta, subsidier kurungan 14 hari. JPU menilai, Jasmin terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana. Yiatu dengan sengaja mengangkut, menguasai atau memiliki hasil hutan yang tidak dilengkapi surat keterangan sahnya hasil hutan.

Atas tuntutan JPU tersebut, Tim dari Blora Lawyers Club (BLC) Sugiyarto mengaku kecewa. Seharusnya, JPU melihat dari sisi kemanusiaan dan sebab musabab terdakwa melakukan hal itu. ”Kami dari kuasa hukum BLC sangat kecewa dan dirasa tidak adil atas tuntutan JPU. Sangat dipaksakan, sehingga terlihat tidak lazim. Disisi lain harusnya mengedepankan sisi kemanusian,” ucapnya.

Diketahui bersama, Diketahui bersama, Jasmin ditangkap di lorong Jalan Damaran, RT 6/RW IV, Kelurahan Jepon, Kecamatan Jepon, Blora. Dia ditangkap saat hendak menjual kayu kepada petugas senilai Rp 100 ribu. Dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia