Selasa, 23 Jul 2019
radarkudus
icon featured
Politik

KPU Rembang: Penetapan Dewan Terpilih Digelar Bulan Depan

26 Juni 2019, 15: 17: 34 WIB | editor : Ali Mustofa

SEBAGIAN DIGANTI: Suasana salah satu rapat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Rembang belum lama ini.

SEBAGIAN DIGANTI: Suasana salah satu rapat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Rembang belum lama ini. (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA – KPU Rembang belum menentukan tanggal pelantikan DPRD Rembang terpilih menyusul hasil Pemilu 2019 pada 17 April lalu. Pada awal Juli mendatang, KPU Rembang bahkan baru akan melakukan penetapan calon terpilih.

Ketua KPU Rembang M. Ika Iqbal Fahmi menyatakan, pelantikan dewan terpilih akan dilakukan pada rentang Agustus-Oktober mendatang. Atau sesuai dengan AMJ (akhir masa jabatan) DPRD Rembang periode 2014-2019.

”Sebelum pelantikan nanti ada simulai. Besok (baca: hari ini) kami juga akan adakan bimtek dulu,” terangnya kemarin.

Namun, bimtek (bimbingan teknis) yang digelar KPU Rembang yakni untuk tata cara penetapan yang direncanakan akan dilaksanakan pada 3 Juli mendatang.  Hal itu apabila buku register di Mahkamah Konstitusi (MK) tak ada lagi gugatan per 1 Juli mendatang.

Mengenai kemungkinan adanya caleg yang digantikan karena sakit, Iqbal tak bersedia berkomentar. Dia mengaku belum mempelajari mekanismenya untuk kasus tersebut. Hanya saja, sesuai dengan ketentuan, mereka yang akan dilantik yakni caleg dengan raihan suara terbanyak pada Pemilu 17 April lalu.

”Belum dipelajari regulasinya (bila ada yang sakit). Karena belum ada yang secara resmi mengajukan. Yang jelas, yang dilantik adalah peraih suara terbanyak,” tambah Iqbal.

Ya, meskipun tidak ada caleg tingkat kabupaten yang megajukan PHPU (perselisihan hasil perhitungan suara) di MK, namun sesuai dengan instruksi KPU Pusat, KPU Rembang pun tak berani menggelar penetapan. Bahkan, hingga kemarin, pihak Setwan DPRD Rembang juga belum mendapat keterangan resmi nama-nama saja yang bakal menghuni kursi dewan. 

(ks/ful/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia