Selasa, 23 Jul 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Pelajar SMK N 1 Batealit Wakili Jateng di Kompetisi AHM Best Student

25 Juni 2019, 16: 15: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

Pelajar SMK N 1 Batealit Wakili Jateng di Kompetisi AHM Best Student

(Astra Motor Jateng For Radar kudus)

JEPARA - SMK N 1 Batealit Kabupaten Jepara sebagai juara satu di AHM Best Student 2019 tingkat regional Jawa tengah. Pelajar berprestasi tersebut adalah Rizal Alansyah. Main Dealer Astra Motor Jateng selaku distributor sepeda motor Honda di Jawa Tengah melakukan seleksi regional untuk ajang apresiasi dan kompetisi ide bisnis kreatif anak muda Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2019 pada (19/06) lalu. Puncak acara AHMBS tersebut rencana digelar pada 22-25 Juli 2019 mendatang di Jakarta. 

Sementara juara dua diraih Rafiqoh Zahroh dari SMK Muhammadiyah Bligo Kabupaten Pekalongan. Dan juara tiga diraih oleh Muchamad Ulil Absor dari SMA N 1 Sale Kabupaten Rembang. Ronaldo Widjaja, Kepala Wilayah Astra Motor Jateng menyampaikan apresiasinya bagi para peserta AHMBS tingkat regional Jawa Tengah yang berasal dari berbagai kota di Jawa Tengah tersebut. “Selamat berjuang menjadi yang terbaik dalam kompetisi AHM Best Student 2019, dan semoga bisnis yang adik-adik lakukan ini tidak hanya berhenti di sini, namun menjadi semakin besar dan sukses,” tuturnya memberi semangat.

Menuju puncak kegiatannya, Seleksi regional ini dinilai oleh juri yang berasal dari kalangan akademisi, yaitu  dosen Universitas Semarang, Yulianti SE., MBA., MSi, CPA dan dosen STIE Dharmaputra Semarang, M. Taufiq, SE., MSi. Bertemakan “Creativepreneur Gen Milenial”, sebanyak 21 proposal bisnis yang telah diseleksi menjadi 8 proposal dipresentasikan oleh siswa yang berasal dari 8 SMA/SMK berbeda untuk memperebutkan juara pertama, kedua dan ketiga. Nantinya, juara pertama akan mewakili Jawa Tengah di kompetisi AHMBS nasional.

Seleksi peserta AHMBS tahun ini semakin ketat. Penilaian dilakukan secara komprehensif terhadap kemampuan generasi muda yang memiliki minat berwirausaha ini dalam mengelola bisnis mulai dari aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan SDM. Mereka pun juga harus mampu menyusun sistematika proposal bisnis secara jelas dan terperinci yang menggambarkan model bisnis kepada para calon investor dalam simulasi bisnis.

Pelajar yang mengikuti kompetisi ini akan diuji memaparkan ide dan pengalamannya berwirausaha. Kriteria yang akan dijadikan barometer penilaian antara lain meliputi tingkat kebaruan ide dan produk, peningkatan kualitas dan kreativitas produk di pasar, dampak bisnis bagi masyarakat, pencapaian bisnis yang tercermin dari penjualan, biaya, serta keuntungan. Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam strategi bisnis, analisis pasar, analisis persaingan, dan pengelolaan hubungan pelanggan.

Puncak kegiatan akan dilangsungkan pada Juli 2019 menjadi salah satu ajang bagi para pemenang di level regional ini untuk mendapatkan inspirasi melalui Inspiring Seminar dari para ahli di bidangnya dan berbagai agenda seperti kegiatan di Kampung Labirin Astra Honda. Ini merupakan salah satu sarana untuk semakin menajamkan kreativitas yang telah dimiliki dan mengasah semangat kebangsaan untuk mengangkat kearifan lokal Indonesia di setiap daerah. (lia)

(ks/top/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia