Rabu, 13 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Andalkan Hitungan, Siswa SLB Jepara Ini Tetap bisa Menari Indah

20 Juni 2019, 11: 39: 35 WIB | editor : Ali Mustofa

UNJUK GIGI: Para siswa SLB Negeri Jepara saat tampil di acara ulang tahun sekolah baru-baru ini.

UNJUK GIGI: Para siswa SLB Negeri Jepara saat tampil di acara ulang tahun sekolah baru-baru ini. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA - Meski memiliki keterbatasan, namun para pelajar di SLB Negeri Jepara tetap mampu menunjukkan karya. Di antaranya tampil menari hingga menyanyi. Mereka juga tak canggung saat harus berduet dengan penyanyi populer di Kota Ukir.

Baru-baru ini di acara ulang tahun dan wisuda sekolah, para siswa SLB Negeri Jepara menampilkan beragam pementasan. Salah satunya tari tradisional. Ada tiga pelajar yang tampil. Meski memiliki keterbatasan pendengaran, namun mereka tetap bisa menari dengan luwes dan tampil memukau.

Saat di tengah penampilan musik sempat dimatikan. Namun mereka tetap menari dengan lincah. Hal ini lantaran mereka tidak berpaku pada musik tetapi menikmati tarian dengan hitungan-hitungan.

Tak hanya tampil menari, ada pula pelajar yang tampil menyanyi. Saat satu pelajar menyanyi, para pelajar lainnya berbaris di belakang memperagakan bahasa isyarat dari lirik yang dinyanyikan.

Mereka tak sekadar menyanyi sendiri, ada pula sesi di mana mereka berduet dengan salah satu penyanyi populer Jepara, Eswal Waluyo. Pada penampilan itu, para pelajar SLB tersebut tak terlihat canggung. Mereka justru terlihat makin memukau.

Penampilan para pelajar SLB Negeri Jepara di atas panggung itu diapresiasi para tamu undangan dan penonton. Seringkali penonton juga turut terharu hingga meneteskan air mata saat menyaksikan penampilan para pelajar tersebut.

Kepala SLB N Jepara, Suwandi Joko Purnomo mengatakan, tak hanya mengajarkan kemandirian pihaknya juga mendorong anak-anak untuk berkreasi. Termasuk menari dan menyanyi. Saat ada acara di sekolah, mereka diberi kesempatan untuk tampil.

Saat ini anak-anak SLB tidak hanya tampil menari di sekolah, tetapi sering diminta tampil dalam berbagai even budaya di Jepara seperti Hari Teater Dunia dan Jepara Cultural Festival dan berbagai acara lainnya. ”Sangat sulit mengajari dan membuat mereka tampil karena mereka memiliki keterbatasan, namun dengan ketekunan para guru di SLB Negeri Jepara ini hal yang sebelumnya dianggap tidak mungkin bisa kami lakukan,” ungkapnya.

Suwandi mengaku bangga dengan para pelajar di sekolah tersebut. ”Dengan berbagai ketrampilan yang dimiliki kami berharap mereka bisa bersosialisasi di masyarakat dan berprestasi baik di tingkat regional maupun nasional,” ujarnya.

Apresiasi juga disampaikan Kasi SMA dan SLB pada Cabang Dinas PendidikanWilayah II Demak dan Jepara, Sugeng. Sugeng mengapresiasi SLB Negeri Jepara yang selama ini sudah memiliki banyak prestasi khususnya di tingkat nasional. ”Kali ini berkesempatan langsung menyaksikan anak-anak tampil dan memang sangat luar biasa,” imbuhnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia