Selasa, 23 Jul 2019
radarkudus
icon featured
Grobogan

Perekam E-KTP di Dispendukcapil Membeludak, Sehari Terbitkan 600 Suket

19 Juni 2019, 14: 54: 07 WIB | editor : Ali Mustofa

ANTRE DI TANGGA: Usai libur lebaran, pemohon rekam data E-KTP di Dispendukcapil Grobogan membeludak hingga 600 orang per hari.

ANTRE DI TANGGA: Usai libur lebaran, pemohon rekam data E-KTP di Dispendukcapil Grobogan membeludak hingga 600 orang per hari. (INTAN M SABRINA/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN – Sepekan selepas lebaran, perekam data E-KTP yang datang ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Grobogan membeludak. Sehari, masyarakat yang melakukan rekam mencapai 600 warga.

Kepala Dispendukcapil Grobogan Moch Susilo mengatakan, biasanya warga yang melakukan rekam hanya 200 hingga 300. Selepas Lebaran membeludak mencapai 600 lebih warga yang melakukan rekam.

”Dalam sehari kami mencetak surat keterangan (suket) sejumlah 600 lembar. Mereka kami beri suket untuk sementara. Karena stok blangko E-KTP habis sejak sepekan sebelum lebaran,” keluhnya.

Meski begitu, pihaknya sudah meminta stok blangko ke Pemprov Jateng. Namun, pemprov berdalih belum mendapatkan kiriman dari pusat. Kemarin, Dispendukcapil mendapatkan kiriman blangko dari pusat sebanyak 500 keping yang langsung disebar ke setiap kecamatan sebanyak 50 keping.

Blangko tersebut hanya dapat memenuhi dua hari. Dengan terbatasnya jumlah blangko itu, pihaknya akan mengutamakan cetak bagi pemula hingga untuk pengubahan status perkawinan. Sedangkan kebutuhan selain itu, diberikan suket untuk sementara.

Hingga kini, jumlah penduduk yang belum rekam sebanyak 8.900 dari 1.082.505 wajib KTP. Jumlah yang belum rekam tersebut bisa terus berubah. Ke depan pihaknya akan kembali melakukan jemput bola kembali.

”Memang tak terlalu efektif, namun sedikit mengurangi jumlah penduduk yang belum rekam. Utamanya bagi lansia dan difabel. Padahal jika mereka memiliki E-KTP akan cukup membantu kelangsungan hidup mereka ke depan. Terlebih soal penerimaan bantuan-bantuan,” ungkapnya.

(ks/int/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia