Selasa, 23 Jul 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Pemohon Legalisir KK dan Akta di Disdukcapil Kudus Membeludak

19 Juni 2019, 09: 23: 14 WIB | editor : Ali Mustofa

LEGALISIR BERKAS PPDB: Sejumlah pelajar didampingi orang tua sibuk melakukan legalisir berkas pendaftaran sekolah di kantor Disdukcapil Kudus kemarin.

LEGALISIR BERKAS PPDB: Sejumlah pelajar didampingi orang tua sibuk melakukan legalisir berkas pendaftaran sekolah di kantor Disdukcapil Kudus kemarin. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA – Sejak sepekan terakhir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus mengalami peningkatan jumlah permintaan legalisir. Baik akta kelahiran, kartu keluarga (KK) maupun KTP. Sebab legalisir administrasi kependudukan (adminduk) itu untuk persyaratan PPDB.  

Plt Kepala Disdukcapil Kudus Eko Hari Djatmiko mengatakan, membeludak legalisir KK, akta, dan KTP sejak Senin (10/6) lalu.

”Setiap tahun dan menjelang pendaftaran biasanya jumlah pelegalisir membeludak. Apalagi tahun ini zonasi yang dipentingkan yakni KK,” jelasnya.

Eko menambahkan, pada (14/6) lalu pengajuan legalisir mencapai 642 pemohon. Karena membeludak Kabid dan Kasi membantu melegalisir adminduk.

”Kami kerahkan seluruh pejabat yang ada di Disdukcapil untuk memberikan tanda tangan. Sehingga, dalam waktu satu hari mampu diselesaikan dengan baik. Jadi, tak perlu ada tumpukan tanda tangan legalisir,” terangnya.

Sementara itu, permohonan KK baru juga mengalami peningkatan. Biasanya hanya sekitar 150 pemohon, kini lebih dari 200 orang.

Ditanya tentang jumlah blangko, dia mengaku kosong sejak dua hari lalu. Sementara warga diberi surat keterangan (suket). ”Saat ini kami hanya diberi jatah dari pusat untuk blangko KTP hanya 500 hingga 1.000 blangko. Dan rencananya Minggu depan, pihaknya akan mengambil blangko KTP ke pusat,” ujarnya.

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia