Rabu, 13 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Kreatif, Tiga Mahasiswi UNS Sulap Limbah Enceng Gondok Jadi Bioplastik

18 Juni 2019, 08: 38: 14 WIB | editor : Ali Mustofa

KREATIF: Mahasiswi UNS menunjukkan salah satu karya pemanfaatan limbah enceng gondok.

KREATIF: Mahasiswi UNS menunjukkan salah satu karya pemanfaatan limbah enceng gondok. (DOK PRIBADI)

Share this      

PURWODADI Selama ini, enceng gondok hanya dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Berbeda, karena rendahnya pemanfaatan limbah, tiga mahasiswi UNS ini menemukan ide untuk memanfaatkan limbah enceng gondok untuk dijadikan bioplastik ramah lingkungan.

Penemuan ini didapat Jeesica Hermayanti Pratama (S1 Kimia), dengan anggota Rizka Lailatul Rohmah (D4 K3), dan Amalia (S1 Kimia). Melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE) yang diselenggarakan oleh Kemeristek DIKTI, tim mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) telah berhasil membuat inovasi.

”Produk bioplastik tersebut kami namakan B-CAN (Bioplastics Based on Cellulose Acetate Nanofiber). Kami mengangkat dari isu global, dampak penggunaan plastik dan kurangnya pemanfaatan limbah enceng gondok. Enceng gondok mengandung selulosa dengan kadar yang tinggi mencapai 50 persen. Selulosa inilah yang nantinya kami manfaatkan sebagai campuran dalam bioplastik,” jelas Jeesica Hermayanti Pratama.

CAN menjadi produk bioplastik yang ramah lingkungan dan memiliki biaya yang terjangkau, dengan bahan campuran selulosa eceng gondok, pati, kitosan, dan gliserol. B-CAN yang dihasilkan, berwarna bening, lentur, dan mudah terurai di lingkungan.

Nantinya, hasil dari penelitian ini akan didaftarkan sebagai hak cipta dan paten. Lebih lanjut, hasilnya juga akan didesiminasikan dalam pertemuan ilmiah internasional ”14th Joint Conference on Chemistry 2019” yang akan diselenggarakan September nanti di Solo.

Melalui inovasi B-CAN ini, harapannya mampu menjadi inovasi dalam produksi bioplastik serta mengurangi permasalahan plastik dan limbah eceng gondok. 

(ks/int/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia