Selasa, 23 Jul 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Bawaslu Siapkan Data di Tiga Kecamatan Sesuai Gugatan Hasil Pemilu

15 Juni 2019, 09: 46: 36 WIB | editor : Ali Mustofa

DUGAAN REKAYASA SUARA: Ketua Bawaslu Rembang Totok Suparyanto menunjukkan materi gugatan Djoko Udjianto, caleg DPR RI Dapil 3 Jateng.

DUGAAN REKAYASA SUARA: Ketua Bawaslu Rembang Totok Suparyanto menunjukkan materi gugatan Djoko Udjianto, caleg DPR RI Dapil 3 Jateng. (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG – Bawaslu Rembang turut menyiapkan data yang dibutuhkan untuk tiga kecamatan yang disebutkan dalam gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) oleh DPP Demokrat. Ketiga kecamatan tersebut, Kecamatan Pamotan, Kragan, dan Kota Rembang. Yakni untuk gugatan atas perolehan suara Djoko Udjianto, caleg DPR RI yang berjuang di Dapil 3 Jateng, meliputi Rembang, Grobogan, Pati, dan Blora.

Ketua Bawaslu Rembang Totok Suparyanto mengungkapkan, salah satu yang dipersoalkan dalam gugatan tersebut, yakni perolehan suara setiap kecamatan Dapil 3 diduga direkayasa. Dalam hal ini, untuk memenangkan calon tertentu.

Atas tuntutan tersebut, Totok menyatakan, tak menutup kemungkinan pada hari perhitungan suara terdapat kesalahan. Namun, kesalahan itu bisa langsung diperbaiki di hari perhitungan. Sejauh ini, pihaknya menyatakan semua berlangsung dengan jujur dan terbuka.

”Human error pasti ada. Tetapi pada saat perhitungan, langsung dibetulkan pada hari itu juga. Misalnya ada yang selisih, dicek lagi bersama-sama, sampai datanya sama,” paparnya kemarin.

Totok menambahkan, pemilu kali ini berjalan lebih baik, karena terdapat pengawasan tingkat TPS. Sedangkan pemilu sebelumnya, pengawas hanya sampai tingkat desa. ”Dulu kan hanya Panwas Desa. Sekarang sampai tingkat TPS,” tambah dia.

Mengenai tudingan adanya petugas yang tetekan, Totok menyatakan tidak menemukan kasus tersebut. Dia juga memastikan bahwa kinerja Bawaslu Rembang sudah sesuai dengan arahan.

Sebagaimana diketahui, caleg asal Jakarta Djoko Udjianto yang berjuang di empat kabupaten (Blora, Rembang, Grobogan, dan Pati) itu, kalah tipis dari pesaingnya yang berhasil lolos. Yakni Harmusa Oktaviani asal Rembang dengan 75.995 suara. Sedangkan perolehan suara Djoko Udjianto 73.508 suara atau hanya selisih 2.487 suara. 

(ks/ful/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia