Selasa, 23 Jul 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Meski Lebaran Usai, Tarif Tiket Bus Kudus - Jakarta Masih Rp 450 Ribu

14 Juni 2019, 16: 04: 08 WIB | editor : Ali Mustofa

TIKET MASIH MAHAL: Harga tiket masih tinggi bagi masyararakat yang menggunakan jasa transportasi armada bus di Terminal Jati Kudus menuju Jakarta kemarin.

TIKET MASIH MAHAL: Harga tiket masih tinggi bagi masyararakat yang menggunakan jasa transportasi armada bus di Terminal Jati Kudus menuju Jakarta kemarin. (DONI SETIAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

JATI Libur Idul Fitri sudah usai, tetapi harga tiket bus masih mahal. Hingga kemarin, harga tiket bus Kudus – Jakarta masih mencapai Rp 450 ribu. Padahal hari biasa harganya sekitar Rp 190 ribu hingga Rp 210 ribu.

Busri, salah satu agen tiket di terminal Jati mengatakan harga tiket untuk kelas VIP mencapai Rp 337 ribu. Sedangkan untuk kelas eksekutif harganya mencapai Rp 450 ribu. Ini tarif untuk tujuan kota-kota besar, seperti Jakarta dan Bogor. ”Kalau jurusan Kudus - Pulo Gebang Rp 130 ribu,” katanya.

Dia mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab naiknya harga tiket. Yang jelas, kenaikan harga ini selalu terjadi setiap idulfitri. ”Kapan harga turun juga belum tahu. Untuk arus balik dari Kudus juga belum terlihat. Mungkin masih dalam suasana kupatan,” katanya.

Pantauan Jawa Pos Radar Kudus di terminal tipe A Jati, Kudus sekitar pukul 11.00 aktivitas cenderung lengang. Kios-kios pedagang juga masih tutup. Bus-bus yang transit hanya berasal dari jurusan Semarang-Surabaya. 

Busri menambahkan, penurunan harga biasanya bertahap. Misalnya, pekan ini turun Rp 20 ribu, pekan selanjutnya akan mengikuti penurunan.

Tejo, salah satu penumpang dari Pati yang hendak ke Bandung mengeluhkan naiknya harga tiket ini. Sebelumnya, ia mengecek harga di agen bus. Ternyata harga masih mahal. Katanya sekitar Rp 336 ribu untuk menuju Bandung. Sedangkan Rp 440 ribu menuju Jakarta.

Karena mahal,  dia lebih memilih naik bus patas menuju Bandung. Konsekuensinya, dia harus transit di beberapa terminal.

”Dari pati transit di sini (Kudus,Red). Nanti ke menuju ke Semarang transit lagi Terboyo. Terus oper bus lagi ke tujuan Cirebon. Tapi gak masalah, soalnya santai,” jelasnya. (vah)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia