Selasa, 25 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Kartu Keluarga Jadi Syarat Utama Masuk PPDB 2019

11 Juni 2019, 17: 03: 47 WIB | editor : Ali Mustofa

DAFTAR SEKOLAH: Siswa mendaftar sekolah secara online dan datang langsung ke SMP yang dituju.

DAFTAR SEKOLAH: Siswa mendaftar sekolah secara online dan datang langsung ke SMP yang dituju. (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA – Semenjak ditetapkannya sistem zonasi menggunakan ketentuan jarak dari kantor kelurahan atau desa dengan sekolah, Kartu Keluarga (KK) menjadi syarat utama masuk pendaftaran peserta didik baru (PPDB) khususnya masuk SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Joko Susilo melalui Kasi Kurikulum Djamin menegaskan, KK asli nantinya dilampirkan dalam berkas pendaftaran.

”Orang tua tak perlu khawatir kalau anaknya belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) karena dalam PPDB tidak menjadi syarat utama. Kalaupun yang sudah punya bisa dilampirkan, bagi yang belum tidak melampirkan juga tidak jadi persoalan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, paling penting justru KK, melampirkan fotokopi yang dilegalisir disertakan aslinya. Bagi KKnya yang masih dalam proses baru wajib melampirkan surat keterangan dari RT dan desa atau kelurahan setempat.

Misalkanya, ada kakaknya yang baru menikah dan saat ini proses pisah KK, maka KK yang baru belum ada enam bulan maka wajib melampirkan surat keterangan tersebut. Sebab dalam persyaratan PPDB pembuatan KK baru minimal enam bulan dari pendaftaran sekolah. Selanjutnya, syarat utama lainnya yakni legalisir akte kelahiran.

Djamin mengatakan, ada beberapa anak yang belum memiliki akter, orang tua perlu memperhatikan hal tersebut, dan syarat PPDB lainnya melampirkan surat keterangan hasil ujian sekolah berstandar nasional (SKHUSBN) asli.

Sementara itu, kepala SMP 1 Mejobo Dian Handayani mengungkapkan, persiapan PPDB sudah dilakukan. Pihaknya dalam waktu dekat berencana sosialisasi ke kantor desa atau kelurahan yang menjadi zona SMP 1 Mejobo.

”Kami juga akan pasang baner daftar zonasi SMP yang dikirim dari Disdikpora Kudus. Sekaligus menempelkan pengumuman serta persyaratan sesuai juknis PPDB di papan baca yang ada di sekolah,” terangnya.

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia