Selasa, 25 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Pati

Ditemukan Bus Tak Layak Jalan, Dishub: Penumpang Dipindah

11 Juni 2019, 15: 36: 00 WIB | editor : Ali Mustofa

PANTAU: Petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Pati mengecek kendaraan di Terminal Kembangjoyo pagi kemarin.

PANTAU: Petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Pati mengecek kendaraan di Terminal Kembangjoyo pagi kemarin. (DISHUB FOR RADAR KUDUS)

Share this      

PATI – Satu unit bus antar kota antar provinsi (AKAP) jurusan Semarang – Surabaya ditemukan tak layak jalan di Terminal Kembangjoyo pagi kemarin. Puluhan penumpang akhirnya dipindahkan ke bus lain untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Kabid Angkutan Umum pada Dinas Perhubungan Kabupaten Pati Eko Budi Santosa mengungkapkan, bus tersebut mengalami kebocoran pada knalpotnya. Sehingga asap knalpot masuk ke dalam bus.

”Otomatis asap itu mengganggu pernafasan penumpang. Saat itu bus sedang dalam penuh penumpang,” jelasnya.

Ada sekitar 50 penumpang. Khawatirnya, itu bisa menyebabkan penumpang keracunan asap knalpot yang bocor itu. Makanya kami turunkan penumpangnya dan dipindahkan ke bus lain. Bus tersebut tak diperkenankan mengangkut penumpang sebelum diperbaiki.

Adanya kendaraan yang tak layak jalan itu diketahui secara tak sengaja oleh Dinas Perhubungan. Awalnya  Eko dan timnya mengecek di terminal lantaran ada informasi penelantaran penumpang arus balik pada Minggu (9/6) petang lalu.

Jadwal keberangkatan ke Jakarta yang seharusnya pukul 17.00 tertunda sampai pukul 22.00. ”Banyak yang mengadu. Kemudian hari ini (kemarin, Red) kami melakukan pengecekan lanjutan. Ada dua PO yang sebenarnya mengalami keterlambatan. Bukan penelantaran penumpang,” katanya.

Sebab, lanjut Eko, bus dari Jakarta yang akan membawa penumpang ke Jakarta tersebut mengalami kendala adanya penerapan one way. Di mana arus dari timur ke barat atau arah menuju Jakarta lebih diutamakan. ”Nah karena hal itu ada keterlambatan bus yang akan mengangkut penumpang dari Terminal Kembangjoyo ke Jakarta,” jelasnya.

Dari pantauan Dinas Perhubungan, pada arus mudik dan balik di Kabupaten Pati tak ditemukan kendala berarti. Permasalahan yang ada dianggap wajar, yaitu kenaikan harga tiket bus eksekutif yang hampir 100 persen. 

(ks/aua/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia