Selasa, 25 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Ekonomi

Genjot Produk UMKM Pati Lewat Sunday Morning Market

10 Juni 2019, 14: 13: 45 WIB | editor : Ali Mustofa

CINTA PRODUK LOKAL: Salah satu produk UMKM yang dipasarkan di Plaza Pragolo, setiap akhir pekan produk-produk tersebut akan bergiliran dijajakan di jalanan.

CINTA PRODUK LOKAL: Salah satu produk UMKM yang dipasarkan di Plaza Pragolo, setiap akhir pekan produk-produk tersebut akan bergiliran dijajakan di jalanan. (ACHMAD ULIL ALBAB/RADAR KUDUS)

Share this      

MARGOREJO – Produk UMKM di Kabupaten Pati masih perlu seribu satu jurus untuk dikembangkan lagi. Hingga sekarang angka penjualannya tergolong masih rendah. Salah satu caranya dengan mengampanyekan penjualan di pasar lokal melalui Sunday morning market.

Kabid UMKM pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati Iwan Trisno mengungkapkan, melalui kegiatan itu pihaknya mendorong pemasaran produk UMKM lebih berkembang lagi. Pihaknya menargetkan lokal sendiri harus paham dan mengenali produk-produk UMKM Pati.

”Jika sudah paham itu akan mendorong daya beli mereka,” kata Iwan kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Kegiatan Sunday Market Morning, lanjut Iwan digelar saat kegiatan car free day (CFD). Puluhan produk UMKM yang ada di Kabupaten Pati akan bergantian pameran sekaligus jualan di acara CFD. Lapak disediakan Dinas Koperasi dan UMKM.

”Ya setiap CFD nanti gantian. Mulai dari produk makanan olahan, industri kerajinan, dan juga produk pertanian andalan seperti kelapa kopyor dan jeruk pamelo,” terang Iwan.

Melalui kegiatan  itu, lanjut Iwan, pihaknya mengajak para pelaku UMKM untuk berkembang dan sukses bersama-sama. ”Ya melalui kegiatan semacam itu kami ingin menggenjot sisi binsis UMKM agar lebih menghasilkan. Produknya agar makin dikenal masyarakat dan nanti ada dorongan untuk membeli,” imbuhnya.

Seperti diketahui, program yang masuk pada upaya pemberdayaan pelaku UMKM itu menjadi prioritas program pemerintah. Dimana pemberdayaan UMKM menjadi salah satu misi yang diusung oleh Bupati Haryanto dan Wakil Bupati Saiful Arifin.

”Maka dari itu kami mendorong terus supaya para pelaku UMKM ini terus berkembang. Dorongan mulai awal produksi hingga pemasaran terus kami kawal. Karena UMKM di Pati dan mungkin di daerah lain menjadi sandaran hidup sebagian masyarakat,” pungkasnya.

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia