Jumat, 15 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Cintai Budaya Lewat Fashion

10 Juni 2019, 13: 21: 45 WIB | editor : Ali Mustofa

Hima Choirun Nisya

Hima Choirun Nisya (Dok Pribadi)

Share this      

SEORANG guru merupakan panutan bagi setiap muridnya. Baik tingkah laku sampai cara berpakaian tak luput dari perhatian sang murid. Hima Choirun Nisya merupakan guru yang memberikan influen kepada muridnya lewat busana yang ia kenakan.

“Kalo saya sering mendapatkan komentar dari murid-murid saya terhadap apa yang saya kenakan,” paparnya.

Guru seni budaya SMP 1 Mejobo ini, mengaku media yang dirasa efektif yakni melalui fashion. Hima yang latar belakangnya pernah menjadi Duta Wisata Kudus 2017, pandai merancang baju sendiri. Karyanya itu sering ia kenakan saat mengajar di sekolah.

Apresiasi murid Hima terlihat saat ia mengenakan batik buatannya sendiri. Dia mengatakan, muridnya mengagumi corak batik karyanya. Bahkan para anak didiknya ingin sekali membuat karya batik.

“Rencananya saya akan mengajarkan membatik dengan canting. Saat ini yang baru saya ajarkan membatik dengan alat tulis,” paparnya.

Selain lewat gaya berbusana, Hima juga menstimulasikan hasil karya seninya kepada siswanya. Semua karya lukisannya berbau akan budaya lokal. Baik dari barong dan batik. Bahkan ia membekali siswa membuat kerajinan tangan. Yang memanfaatkan plastik maupun limbah bekas. Itu diharapkan bisa menjadi bekal muridnya kelak saat lulus nanti.

Dia juga menanamkan kepada siswanya bahwa terjun ke dalam dunia seni bisa menghasilkan uang dan masa depan yang cerah. Lewat menggambar ilustrasi, realis wajah dan komik. Serta membuat prakarya dengan memanfaatkan barang bekas. Dasar- dasar itulah yang Hima ajarkan kepada siswanya. (gal)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia