Jumat, 15 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Antusiasme Tinggi, Paket Wisata Karimunjawa Full Sejak Dua Bulan Lalu

Ada Kenaikan Harga 10 hingga 20 Persen

09 Juni 2019, 13: 32: 52 WIB | editor : Ali Mustofa

PRIMADONA WISATA: Sejumlah wisatawan berenang di salah satu destinasi wisata yang berada di Karimunjawa baru-baru ini.

PRIMADONA WISATA: Sejumlah wisatawan berenang di salah satu destinasi wisata yang berada di Karimunjawa baru-baru ini. (ARIF SETIAWAN FOR RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Antusiasme wisatawan untuk mengunjungi Kepulauan Karimunjawa pada libur Lebaran kali ini sangat tinggi. Terbukti sejak sebulan lalu, banyak biro wisata di Karimunjawa yang sudah penuh kuota tamunya.

Rata-rata wisatawan yang datang saat libur Lebaran berasal dari luar kota. Seperti dari Jogjakarta, Jakarta, Bandung, dan lainnya.

Salah satu pelaku wisata di Karimunjawa, Arif Setiawan mengatakan, sejak sebulan lalu kuota tamunya untuk libur Lebaran sudah penuh. ”Sudah penuh dan sudah tidak bisa menerima (tamu) lagi saat mendekati Lebaran,"  katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

ENJOY: Sejumlah wisatawan berfoto bersama di Pantai Ujung Gelam, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, baru-baru ini.

ENJOY: Sejumlah wisatawan berfoto bersama di Pantai Ujung Gelam, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, baru-baru ini. (ARIEF SETIAAN FOR /RADAR KUDUS)

Pihaknya tidak bisa menerima tamu susulan lantaran tiket kapal habis, khususnya kapal cepat atau Kapal Express Bahari. Di sisi lain, penginapan di Karimunjawa juga sudah susah. ”Karena sudah banyak di-booking jauh-jauh hari oleh biro berwisata yang lainnya juga," jelasnya.

Ditanya mengenai jumlah tamunya sendiri, Arif menjelaskan, untuk akhir pekan ini mencapai 40 orang. Dia menjelaskan, pada Jumat (7/6) lalu datang 15 wisatawan. Pagi kemarin juga datang sejumlah wisatawan yang sama, yakni 15 orang. Sementara pada Minggu dan Senin besok, masing-masing ada delapan dan 12 orang. ”Untuk akhir pekan ini ada 40 orang," ungkapnya.

Pemilik biro wisata Paketkarimunjawa_open ini, menyampaikan, khusus untuk libur Lebaran kali ini, ada kenaikan pada harga paket wisata yang ditawarkan. Rata-rata wisatawan mengambil paket wisata tiga hari dua malam.

Dia menjelaskan, untuk hari-hari biasa harga paket wisata untuk homestay dengan kipas angin seharga Rp 1 juta. Sedangkan untuk kamar AC sekitar Rp 1,3 juta serta untuk standar hotel seharga Rp 1,5 juta. ”Khusus libur Lebaran ada kenaikan 10 sampai 20 persen," terangnya.

Hal yang sama disampaikan pelaku wisata Karimunjawa lain, Hasanudin. Dia mengatakan, pada libur Lebaran kali ini, tamunya mencapai 52 orang. Jumlah tersebut terbagi dalam lima kelompok. ”Jadi ada lima kelompok yang berbeda," tuturnya.

Tamu-tamunya datang dari Jakarta, Bandung, Pasuruan, hingga Blitar. ”Datang dari berbagai kota untuk menghabiskan libur Lebaran," terangnya.

Disinggung mengenai harga, Hasanuddin mengaku memang ada kenaikan. Namun, pihaknya tidak menyebutkan kisaran kenaikan harga paket wisatanya.

Tak sebagaimana Arif, Hasanuddin menjelaskan, kuota tamunya pada libur Lebaran kali ini sudah full sejak dua bulan lalu. ”Tamu-tamu yang datang ini sudah booking sejak dua bulan lalu," pungkasnya.

(ks/emy/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia