Jumat, 15 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Disdikbud Pati Minta Teken Kontrak Pendidikan dengan Sekolah

01 Juni 2019, 10: 34: 19 WIB | editor : Ali Mustofa

DUKUNG PENDIDIKAN: Bupati Pati Haryanto memberangkatkan anggota kontingen pramuka Pergamanas Pati untuk mengikuti jambore di Jakarta baru-baru ini.

DUKUNG PENDIDIKAN: Bupati Pati Haryanto memberangkatkan anggota kontingen pramuka Pergamanas Pati untuk mengikuti jambore di Jakarta baru-baru ini. (HUMAS PATI FOR RADAR KUDUS)

Share this      

PATI - Kualitas pendidikan di Pati terus ditingkatkan dalam berbagai aspek. Salah satunya program yang akan dilaksanakan tahun ajaran ini. Yaitu kontrak pendidikan dengan semua sekolah di Pati untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sekolah harus meningkatkan prestasi siswa hingga institusi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pati Winarto mengaku mulai tahun ajaran baru ini akan melaksanakan program baru. Kontrak dengan sekolah di Pati yang berjumlah 1000 lebih mulai dari SD-SMP. Kontrak pendidikan itu untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan prestasi sekolah dari tahun sebelumnya.

“Setiap sekolah harus mempunyai target tertentu dan dijalankan. Nantinya dievaluasi dan dilihat dari hasilnya. Mulai dari prestasi nilai, lomba kepsek, guru, siswa, dan institusi. Semuanya harus ada progresnya supaya sekolah bisa berjalan sesuai program yang telah disusun di awal tahun,” jelasnya.

Winarto menambahkan, pada dasarnya, pendidikan bisa berprestasi di tangan guru dan siswa. Ini untuk menggerakkan energi guru dan siswa. Kontrak itu diteken dengan sekolah. Misalnya saja nilai ujian nasional sekolah tahun ini berapa. Maka tahun depan harus naik sesuai dengan target di dalam kontrak.

“Nilai siswa harus baik meskipun saat ini nilai ujian tak menjadi patokan kelulusan. Selain itu nilai ujian sekolah, kontrak itu juga untuk prestasi lomba siswa. Apabila tahun ini mendapatkan tiga kejuaraan, maka harus meningkat di tahun berikutnya,” jelasnya.

Kontrak ini, lanjut Winarto, sebagai evaluasi di akhir tahun pelajaran supaya sekolah juga mempunyai tanggung jawab lebih agar siswanya berprestasi. Pihaknya juga membuat program mulai siswa salaman, mengikuti pelajaran, hingga pulang sekolah.

(ks/put/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia