Senin, 21 Oct 2019
radarkudus
icon featured
Politik

Gugatan Caleg Gerindra dan Hanura ke MK Tak Lengkap

01 Juni 2019, 08: 13: 46 WIB | editor : Ali Mustofa

GUGAT MK: Bawaslu Kabupaten Kudus menggelar Rakernis dengan media Kamis malam (30/05). Dalam rapat itu Bawaslu siap memberikan keterangan tertulis maupun lisan terhadap ajuan tiga Caleg permohonan PHPU ke MK.

GUGAT MK: Bawaslu Kabupaten Kudus menggelar Rakernis dengan media Kamis malam (30/05). Dalam rapat itu Bawaslu siap memberikan keterangan tertulis maupun lisan terhadap ajuan tiga Caleg permohonan PHPU ke MK. (GALIH ERLAMBANG WIRADINATA/Radar Kudus)

Share this      

KUDUS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus bersedia memberikan keterangan tertulis maupun lisan bagi permohonan tiga caleg dari Kabupaten Kudus yang mengajukan gugatan hasil pemilu. Ketiga Caleg itu sudah secara resmi mengajukan gugatan ke pihak Makamah Konstitusi (MK).

Dari PHPU yang diajukan peserta pemilu, di dalam catatan MK masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus dilengkapi oleh pemohon. “Yang hampir 98 persen itu dari PAN. Sedangkan dari Gerindra dan Hanura masih kurang,” kata Komisioner Bawaslu Kabupaten Kudus Kasmian.

Ia mengatakan ketiga Caleg yang mengajukan gugatan itu yakni Caleg Dapil III Agus Setia Budi dari Partai Hanura. Lalu didapil IV ada Agus Wariono dari Gerindra. Dan Bambang Kasriono anggota partai PAN dari Dapil IV.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Kudus Kasmian menyatakan, kapasitas pihaknya hanya sebatas pemberi keterangan. Keterangan itu berupa tertulis yang nantinya akan dikirim ke Bawaslu RI. 

Sementara untuk teknisnya Kasmian menjelaskan, nantinya yang hadir secara pesonal ke MK entah itu dari Bawaslu kabupaten/kota masih menunggu keputusan dari pusat.

“Untuk yang maju ke MK memberi keterangan tulis maupun lisan mewakili Bawaslu kabupaten ditentukan oleh rapat pleno,” katanya saat Rakornis  Kasmian saat rakernis pileg dan pilpres kepada media Kamis malam (31/05). 

Adapun Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Caleg DPRD Kabupaten Dapil III Agus Setiobudi meminta mengadakan pemilihan ulang di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tertentu. Menurut Kasmian itu merupakan petitum permohonan sementara. Saat ini masih masa perbaikan permohonan.

Sedangkan permohanan dari Caleg Dapil III Bambang Kasriono, petitumnya berbunyi membatalkan keputusan terkait rekap nasional. Kemudian menetapkan hasil perolehan suara yang benar di beberapa daerah.

Lalu Caleg Dapil IV Agus Wariono, petitumnya hampir sama dengan permohonan Bambang Kasriono. Serta anjuran kepada KPU melakukan perhitungan suara ulang di Dapil IV. Juga meminta Bawaslu melakukan pengawasan penghitungan ulang. (gal)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia