Senin, 17 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Ribuan Peserta UM-PTKIN Ikuti Seleksi di IAIN Kudus

29 Mei 2019, 09: 51: 19 WIB | editor : Ali Mustofa

BERI ARAHAN: Rektor IAIN Kudus Dr. Mudzakir M.Ag memberikan pengarahan kepada ribuan peserta seleksi jalur UM-PTKIN kemarin.

BERI ARAHAN: Rektor IAIN Kudus Dr. Mudzakir M.Ag memberikan pengarahan kepada ribuan peserta seleksi jalur UM-PTKIN kemarin. (DIYAH AYU FITRIYANI/RADAR KUDUS)

KUDUS – Sebanyak 2.660 calon mahasiswa baru mengikuti seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus kemarin. Dari jumlah tersebut, kuota yang diterima hanya bersikar 1.664 peserta. Maka dari itu, pihak panitia seleksi UM-PTKIN IAIN Kudus berpesan agar para peserta bisa manfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya.

Wakil Rektor I IAIN Kudus yang juga selaku Panitia Lokal (Panlok) SPAN UM-PTKIN tahun 2019 Dr. Supa’at M.Pd mengatakan, seleksi jalur nasional kedua ini cukup ketat. Kuota yang tersedia hanya separo.

”Karena ini seleksi nasional, jadi dimungkinkan juga ada peserta yang mendaftar di perguruan tinggi lainnya. Tapi, ikut ujiannya di sini,” jelasnya.

Dikatakannya, penerimaan mahasiswa baru IAIN Kudus dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama yakni dengan jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). Dimana diketahui ada 540 mahasiswa yang sudah registrasi.

”Dengan registrasi, mereka sudah resmi menjadi mahasiswa IAIN Kudus,” ujarnya.

Seleksi kedua yakni jalur UM-PTKIN yang seleksinya baru dilaksanakan kemarin. Dan jalur ketiga yakni jalur ujian lokal mandiri. Pendaftaran jalur lokal mandiri dibuka secara online sejak Senin (13/5) lalu. Dan berakhir sampai Jumat (17/7) mendatang. Meskipun masih lama, jumlah pendaftar sudah mencapai 541 orang.

”Bagi peserta yang belum lulus jalur SPAN UM-PTKIN jangan merasa berkecil hati. Masih bisa mencoba di jalur ujian lokal mandiri,” imbuhnya.

Rektor IAIN Kudus Dr. Mudzakir M.Ag mengatakan, penyelenggaraan seleksi UM-PTKIN ini merupakan hal yang penting. Dengan sukses mencari mahasiswa baru yang berkualitas, pihaknya berharap juga kan berdampak pada kemajuan kampus hijau ini.

”Sesuai dengan misi Islam terapan yang kami usung. Kami harap bisa terus mengembangkan khasanah keilmuan di IAIN Kudus,” katanya.

Dalam penyelenggaraan seleksi ini, pihaknya berharap bisa berjalan lancar. Momen UM-PTKIN harus dikawal sampai selesai. Pihaknya tak ingin ada pesan kurang baik dari peserta ujian.

”Kami usahakan maksimal dan totalitas dalam melancarkan pelaksanaan UM-PTKIN di IAIN Kudus,” katanya.

(ks/daf/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia