Rabu, 13 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Inspirasi

Lebih Enjoy di Museum Kretek

28 Mei 2019, 12: 06: 26 WIB | editor : Ali Mustofa

Rina Hidayati Noor

Rina Hidayati Noor (GALIH ERLAMBANG WIRADINATA/RADAR KUDUS)

Share this      

PENDIRIAN yang kukuh dan kecintaan terhadap passion menyatu pada diri dara manis bernama Rina Hidayati Noor ini. Empat tahun ia bekerja di dunia finance, tak membuatnya nyaman. Ia memutuskan resign untuk mengejar cita-citanya. Ia ingin berkarir di bidang sejarah dan budaya.

”Saya dari dulu cinta terhadap budaya Indonesia dan yang unik-unik. Maka saya putuskan keluar dan berkarir di Museum Kretek Kudus,” katanya.

Nana -sapaan akrabnya- mengakui, meskipun dengan gaji yang terbilang cukup, dirinya mengaku enjoy di pekerjaannya saat ini. Lantaran pekerjaan yang sekarang sesuai dengan jurusan filologi di waktu kuliahnya dulu. Jurusan itu mempelajari sastra Jawa kuno.

Nana beranggapan, kerja itu tak hanya mencari materi semata. Namun, juga harus mengejar apa yang dicita-citakan seseorang. ”Saat kerja nyaman dan enak itu yang tak bisa dibeli dengan materi,” ungkap gadis asli Kudus ini.

Meskipun dia sudah paham dengan museum, namun Nana menanamkan belajar terus-menerus. Saat bekerja di Museum Kretek, dia memiliki beberapa treatment agar nyaman bekerja. Dia menanamkan modal mencintai tempatnya terlebih dahulu, lalu mencintai pekerjaanya. Setelah itu baru ada niat belajar.

”Kalau kita belajar tanpa mencintai sesuatu, itu nggak bisa. Namun, ketika mencintai terlebih dahulu, pastinya niat belajar akan kuat,” paparnya.

Dia merasa beruntung bisa berkarir di Museum Kretek Kudus. Ketulusannya mempelajari sesuatu yang unik dijadikan landasannya. Juga bisa membagikan pengalaman dan cerita sejarah Kota Kretek kepada pengunjung yang datang. (gal)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia