Selasa, 19 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Rembang

Nilai Anggaran Penambahan Lampu Penerangan Jalan Diusulkan Rp 7 Miliar

27 Mei 2019, 15: 48: 10 WIB | editor : Ali Mustofa

BAKAL DIPASANG LAMPU: Sejumlah kendaraan melintas Jalan Pancur-Pamotan yang tahun ini bakal ditambah LPJU dari Provinsi.

BAKAL DIPASANG LAMPU: Sejumlah kendaraan melintas Jalan Pancur-Pamotan yang tahun ini bakal ditambah LPJU dari Provinsi. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA – Pemkab Rembang bakal menganggarkan kembali pemasangan lampu penerangan jalan baru pada perubahan anggaran tahun ini. Tidak tanggung-tanggung nilainya mencapai Rp 7 miliar. Anggaran tersebut, ada kemungkinan ditambah bantuan dari Pemprov Jateng.

Plt Kepala Dinas Perhubungan, Kabupaten Rembang, Daenuri menyebutkan penambahan lampu penerangan jalan tetap akan diimbangi dengan alokasi tagihan listrik. Hal itu, sesuai beban yang harus dibayarkan setiap bulan Rp 800 juta. Bahkan saat ini lebih. Karena menyesuaikan KM yang telah dicatat menggunakan meteran.

”Pemasangan diprioritaskan di wilayah jalan Kabupaten. Semuanya menggunakan lampu jenis led untuk membuat Rembang makin benderang” yakinnya.

Sementara dalam waktu dekat ini, Dishub telah menyusul rencana penambahan ratusan lampu penerangan jalan umum (LPJU) dengan model lampu Led yang lebih terang juga hemat energi. Adapun yang bakal dipasangi di jalan provinsi dan kabupaten.

“Jalan Provinsi diprioritaskan antara Lasem hingga Pamotan. Total ada 30 unit LPJU. Ini merupakan pengadaan lampu dari anggaran Pemprov. Untuk kabupaten  sudah masuk usulan. tepatnya yang diajukan 200 unit,” katanya.

Selain  menambah kenyamanan pengendara yang melintas  malam hari. Karena di jalur tersebut arus lalu lintas terbilang padat. Khususnya Pancur-Pamotan yang kerap dilalui kendaraan pribadi maupun besar. Karena penghubung antara Rembang dengan Jatirogo, Jatim.

“Sementara jalan nasional tetap ada, namun kapasitas langsung dari pusat,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia