Kamis, 20 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Grobogan

Tujuh Petahana Tak Nyalon Lagi di Pilkades Serentak Gelombang Dua

25 Mei 2019, 10: 23: 45 WIB | editor : Ali Mustofa

Tujuh Petahana Tak Nyalon Lagi di Pilkades Serentak Gelombang Dua

GROBOGAN – Setelah melalui seleksi pendaftaran, sebanyak 152 orang resmi ditetapkan sebagai calon kepala desa (Cakades) pada Pilkades serentak gelombang dua. Pilkades itu digelar di 51 desa pada Juli mendatang. Menariknya, dari jumlah itu ada tujuh calon petahana. Namun, mereka tak maju lagi dalam Pilkades mendatang.

Kabag Pemdes Setda Grobogan Mundakir Walad mengatakan, setelah dilakukan pendaftaran bakal calon kepala desa sebelumnya ada 152 calon yang lolos sampai penetapan pada 24 Mei 2019. Mereka akan mengikuti Pilkades serentak yang diselenggarakan pada 10 Juli mendatang.

”Setelah ada seleksi dan penetapan bakal calon kades ditetapkan ada 152 calon. Dari calon itu, ada tujuh bakal calon kades petahana yang tidak maju lagi,” kata Walad.

Selain itu, pada pilkades serentak gelombang dua tidak ada calon dari desa pendaftar calon lebih dari lima orang. Sehingga tidak ada lagi ujian seleksi tertulis lagi kepada calon. Sebab, sesuai ketentuan calon kepala desa maksimal hanya lima orang.

”Pilkades serentak ini dilakukan karena ada 44 kepala desa yang masa jabatannya selesai pada 8 Mei. Satu kades habis pada 24 Mei, satu kades bulan Oktober, satu kades bulan November dan empat kades bulan Desember,” ujarnya.

Untuk kepala Desa yang masa habisnya belum usai, calon wajib lakukan cuti sebagai kades dan digantikan oleh Plt atau sekretaris desa. Selain itu, bagi calon kades yang telah ditetapkan menjadi calon, tidak boleh mengundurkan diri.

(ks/mun/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia