Selasa, 23 Jul 2019
radarkudus
icon featured
Ekonomi

Dinas Perdagangan Pelototi Makanan Tanpa PRIT dan BPOM

24 Mei 2019, 10: 35: 28 WIB | editor : Ali Mustofa

TINDAK TEGAS: Petugas sedang memeriksa makanan untuk menyisir peredaran makanan tak berizin.

TINDAK TEGAS: Petugas sedang memeriksa makanan untuk menyisir peredaran makanan tak berizin. (GALIH ERLAMBANG WIRADINATA/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA Setelah melakukan sidak ke sejumlah grosir makanan Rabu (22/5) lalu, Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus segera menyebar surat edaran ke toko makanan dan minuman. Surat edaran ini mengimbau pemilik toko memilih makanan yang memiliki izin Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), hingga BPOM (Badan pengawasan Obat dan Makanan).

Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti melalui Kasi Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Suharto menyatakan, surat tersebut rencananya akan diterbitkan sebelum lebaran. Isinya juga imbau agar selektif dalam memilih makanan dan minumal yang berizin.

Adapun syarat yang harus dipenuhi diantaranya, produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus memiliki PRIT. Atau memiliki izin produksi yang ditetapkan oleh BPOM. Serta mencamtumkan komposisi makanan. Serta tanggal kedaluwarsa. ”Kami akan menerbitkan surat tersebut secepatnya,” ungkapnya.

Sementara itu anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kudus Mukhasiron berpesan, agar pedagang tak mengambil untungnya saja. Mereka harus memperhatikan kesehatan konsumennya. Dari menjual makanan dan minuman yang sesuai izin. Serta pentingnya mencantumkan tanggal kedaluwarsa. ”Kuncinya selektif dalam membeli dan mejual makanan. Masyarakat dan pedagang harus saling mengingatkan,” katanya.

Sebelumnya Satgas pangan dan Dinas Perdagangan Kabupaten melakukan sidak ke empat tempat grosir makanan. Yakni di Toko Aura, Hypermat, Toko Mekar di Peganjaran. Lalu di pusat grosir makanan di Jalan Ahmad Yani, Kudus.  Dalam sidak itu petugas menemukan sejumlah produk makanan, yang tak mencamtumkan tanggal kedaluwarsa. Juga tak ditempelkan komposisi produk makanan tersebut. (gal)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia