Selasa, 25 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Pati

Pengurukan Jalan di JLS Sukokulon-Tajang Hampir Rampung

23 Mei 2019, 15: 34: 32 WIB | editor : Ali Mustofa

DIKEBUT: Salah satu pekerja tengah melakukan pengerukan jalan di JLS kemarin.

DIKEBUT: Salah satu pekerja tengah melakukan pengerukan jalan di JLS kemarin. (SRI PUTJIWATI/RADAR KUDUS)

Share this      

MARGOREJO – Proses pengurukan dan pemadatan tanah untuk kontruksi penambahan lajur di jalur lingkar selatan (JLS) Sukokulon-Tajang hampir rampung. Proses pekerjaan JLS itu juga membuat beberapa jembatan di jalan yang akan dilebarkan sepanjang 5,2 kilometer.

Salah satu petugas lapangan proyek itu Sakirun mengatakan, pemadatan jalan yang akan dilebarkan dengan tanah uruk sudah hampir selesai. Kini pekerja masih melakukan pekerjaan pengurukan yang belum selesai. Pelebaran JLS Sukokulon-Tanjang menjadi empat lajur itu sudah mulai dikerjakan dari pengurukan biasa sebagai tahap awal.

Proses pengurukan jalan itu kini dikebut saat dan akan dihentikan sementara saat lebaran mendatang. Sejauh ini pengurukan tak ada kendala, cuacanya juga mendukung. Hanya di awal saja waktu pengurukan dasar lahan sempat berair. Sehingga kini pekerjaan lahan dasar sudah teratasi dan pekerjaannya dikebut.

“Pekerjaan pemadatan ini dikebut dengan alat berat. Setelah itu pemadatan diikuti dengan material agregat. Selain pekerjaan pengurukan jalan, pekerja juga tengah malakukan pekerjaan pembangunan jembatan di sepanjang jalur yang akan dilebarkan,” katanya.

Ada tiga jembatan yang dibangun di sepanjang JLS turut Sukokulon hingga Tanjang. Pekerjaan dimulai dari bagian barat. Kini sebagian pekerjaan jembatan juga sudah dikerjakan rekanan pemenang tender proyek itu. Pekerjaan jembatan menyesuaikan dengan jembatan yang telah ada di JLS.

Pelebaran JLS turut Sukokulon hingga Tanjang itu merupakan proyek multi years 2018-2019. Akan tetapi pekerjaannya mulai dilaksanakan awal 2019 hingga akhir 2019 nanti. Selain penambahan dua lajur, pelebaran jalur itu juga dilengkapi median jalan dan lampu penerangan di tengah median jalan.

Untuk pekerjaan JLS menjadi empat lajur dilakukan jalur tersebut sepanjang 5,2 kilometer. Proyek pelebaran JLS mencapai Rp 95 miliar dari total 143 miliar pekerjaan jalan dari Kudus ke batas Jawa Timur. Ini untuk meneruskan pekerjaan sebelumnya dari Tanjang ke Ngantru. Sedangkan pelebaran jalan dari JLS turut Ngantru ke Widorokandang sudah dilaksanakan terlebih dahulu. 

(ks/put/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia