Kamis, 19 Sep 2019
radarkudus
icon featured
Ekonomi

Sidak, Dinas Perdagangan Temukan Makanan Tanpa Label Kedaluwarsa

23 Mei 2019, 14: 08: 43 WIB | editor : Ali Mustofa

SIDAK MAKANAN: Dinas perdagangan sedang memeriksa makanan di Hypermart Kudus kemarin.

SIDAK MAKANAN: Dinas perdagangan sedang memeriksa makanan di Hypermart Kudus kemarin. (GALIH ERLAMBANG WIRADINATA/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus menemukan sejumlah makan yang tak sesuai dengan standar. Temuan itu didapatkan, saat melakukan sidak ke sejumlah tempat grosir makan dan minuman kemarin.

Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti melalui  Kasi Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Suharto menyatakan, Sidak ini dilakukan untuk mengantisipasi peredaraan makanan dan minuman yang berbahaya saat lebaran nanti. Temuan makanan itu didapatkan di salah satu tempat penjual grosir makanan dan minuman. Tepatnya berada di Toko Aura, RT4 RW 6 Desa Mejobo.

Saat sidak itu pihaknya menemukan beberapa makanan yang tak mencantumkan tanggal kadaluarsa. Juga tak ada bahan komposisi yang terpampang di kemasan makanan. Jenis makanan itu berupa jelly, kacang mete dan olahan makanan kering lainnya. 

”Banyak yang temuan makanan yang polosan di sana. Terutama jenis makanan kering,” paparnya.

Suharto juga mengimbau kepada pemilik toko, meskipun barang itu titipan pihak penjual harus lebih selektif dalam pemilihan barang dagangan. Pasalnya jika terjadi keracunan atau tindakan yang merugikan konsumen, pihak toko yang akan menanggung risiko itu.

Bagi masyarakat umum diharapkan agar selalu waspada terhadap pemilihan jenis makanan dan minuman. Oleh karena itu Suharto memberikan tips dalam memilih makanan.  Yang pertama masyarakat harus melihat kemasannya. Dilihat rapi atau tidak kemasan­nya. Kedua dicantumkan masa kedulwarsa makanan. Kemudian tercantum legalitas izin edarnya.

”Kalau sudah mencakup itu semua dipastikan makanan tersebut sudah layak untuk dikonsumsi,” ungkapnya.

Sementara itu sidak yang digelar oleh Dinas Perdangangan Kabupaten Kudus, menyebar di empat titik grosir makanan besar. Yakni di Toko Aura, Hypermart, Toko Mekar di Peganjaran. Lalu di pusat grosir makanan di jalan Ahmad Yani, Kudus. (gal)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia