alexametrics
Kamis, 24 Sep 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Gempa Berkekuatan 4,2 SR Tak Pengaruhi Operasional PLTU

23 Mei 2019, 12: 04: 46 WIB | editor : Ali Mustofa

Gempa Berkekuatan 4,2 SR Tak Pengaruhi Operasional PLTU

JEPARA - Gempa berkekuatan 4,2 skala richter (SR) yang mengguncang wilayah Jepara dan sekitarnya kemarin tidak berdampak pada objek vital di PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B (Kit TJB) Jepara. Kegiatan operasional berjalan normal meski getaran sempat dirasakan di area pembangkitan.

Humas PLN Tanjung Jati B Grahita Muhammad menjelaskan, pihaknya memastikan kondisi area pembangkitan masih aman. Pada saat gempa terjadi, karyawan melaporkan ada getaran yang dirasakan. ”Getaran ini lebih terasa dibandingkan gempa yang pernah terjadi sebelumnya,” ujarnya.

Usai gempa, pihaknya berkoordinasi dengan sektor keamanan operasional. Dipastikan tidak terjadi gangguan signifikan akibat getaran itu. Jadi, proses produksi pasokan listrik tetap berjalan normal. ”Fasilitas, mesin, peralatan, dan gedung tidak mengalami kerusakan,” tuturnya.

Dia menuturkan, sistem kebencanaan yang ada sudah terhubung dengan informasi dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sehingga jika terjadi gempa di titik tertentu, secara otomatis akan ada notifikasi yang masuk. Pemberitahuan ini kemudian bisa disikapi dengan langkah-langkah tertentu sesuai prosedur.

”Bersyukur hanya terasa getarannya. Tidak bersifat merusak. Karena jenis gempanya memang dikategorikan lemah. Sistem kewaspadaan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kedaruratan sudah diatur. Jadi tidak ada masalah yang berarti,” katanya.

Gempa yang terjadi pada pukul 11.22 itu, dirasakan oleh warga Jepara, Kudus, dan Pati. Diketahui gempa berada di titik 6,69 lintang selatan, 110.78 bujur timur. Jika dideteksi titik koordinatnya, pusat gempa ada di Kecamatan Mayong, Jepara. 

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya