Kamis, 21 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

PT Djarum Bagikan Rp 95,8 Miliar untuk THR Karyawan

22 Mei 2019, 14: 36: 16 WIB | editor : Ali Mustofa

BAHAGIA: Sebanyak 47 ribu buruh pabrik rokok PR Djarum mendapatkan THR kemarin. Total uangnya sekitar Rp 80 miliar.

BAHAGIA: Sebanyak 47 ribu buruh pabrik rokok PR Djarum mendapatkan THR kemarin. Total uangnya sekitar Rp 80 miliar. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA – Sebanyak 47 ribu buruh rokok di Kudus menerima tunjangan hari raya (THR) kemarin. Pemberian THR yang lebih cepat dibandingkan tahun lalu ini dilakukan serentak di brak-brak milik PT Djarum di Kudus, Pati, Jepara dan Rembang. Jumlah dana yang dibagikan pada hari itu berjumlah sekitar Rp 95,834 miliar. Terdiri dari Rp 15, 059 miliar untuk 6.988 buruh harian dan Rp 80,775 miliar untuk buruh borong.

Public Affair Manager PT Djarum Kudus Rahma Muchtar mengatakan, jumlah THR yag dibagikan tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. ”Total THR yang kami cairkan meningkat dari 2018 lalu. Dari Rp 80,3 miliar menjadi Rp 80,7 miliar karena UMK Kudus mengalami kenaikan. Besaran UMK Kudus tahun ini sebesar Rp 2,044 juta,” jelasnya saat ditemui di brak Bitingan kemarin.

Terkait pencairan lebih awal, dimaksudkan agar para buruh dapat memenuhi kebutuhan Lebaran lebih awal. Sebab jelang Lebaran biasanya harga kebutuhan naik.

”THR ini kami harapkan bisa lebih bermanfaat bagi para buruh. Jadi mereka dapat membeli kebutuhan Lebaran sebelum harga-harga naik,” katanya.

Seiring dengan pembagian THR yang dilakukan kemarin, pihaknya telah melakukan langkah antisipatif terhadap aksi kriminalitas yang mungkin terjadi. Salah satunya dengan mengimbau kepada para buruh untuk langsung pulang ke rumah. Artinya mereka diminta tidak langsung membelanjakan uang ke pasar.

”Biasanya rawan terjadi aksi kriminalitas. Jadi kami imbau mereka untuk langsung pulang usai kerja,” ujarnya.

Usai menerima uang THR, wajah ribuan buruh di brak bitingan tampak semringah. Sebagian besar mereka merasa senang atas pembagian THR yang lebih cepat ini. Hal ini diungkapkan salah satu buruh asal Undaan Ani. Dengan uang THR itu, ia mengaku akan menggunakannya untuk membeli kebutuhan Lebaran. Besar THR yang diterimanya sebesar satu kali gaji atau setara UMK Kudus. Tahun ini UMK Kudus sebesar Rp 2.044.500.

”Beberapa kebutuhan lebaran sudah saya beli. Ini nanti tinggal beli jajan buat lebaran,” katanya. 

(ks/daf/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia