Kamis, 21 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Jepara

Pulau Parang Didapuk Menjadi Tuan Rumah IMC 2019

21 Mei 2019, 16: 05: 24 WIB | editor : Ali Mustofa

MEMUKAU: Salah satu pantai di Pulau Parang yang akan ditawarkan untuk even Indonesia Maritime Challenge 2019.

MEMUKAU: Salah satu pantai di Pulau Parang yang akan ditawarkan untuk even Indonesia Maritime Challenge 2019. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KOTA - Even nasional Indonesia Maritime Challenge 2019 akan digelar di Pulau Parang Kepulauan Karimunjawa. Pada even tersebut, pemerintah Desa Parang bertekad untuk mengenalkan potensi-potensi wisata yang dimilikinya.

Beberapa potensi wisata tersebut yakni Pantai di sekitar Dermaga Timur, Pantai di sekitar Dermaga Barat dan satu pantai yang memiliki karakter istimewa yakni Pantai Batu Hitam.

Hal ini disampaikan Petinggi Desa Parang, Muh Zaenal Arifin kemarin. Zaenal mengatakan, Pulau Parang sebenarnya memiliki banyak potensi wisata yang menarik. Khususnya wisata alam. Semuanya masih alami dan memiliki karakteristik yang unik.

Misalnya saja Pantai Batu Hitam, pantai tersebut dihiasi batu-batuan berwarna hitam dengan berbagai ukuran. Pantai dengan karakteristik serupa tak ditemukan di wilayah lain di Kepulauan Karimunjawa.

Karena itulah, Zaenal menyampaikan, saat ini pihaknya fokus melakukan penataan pada lokasi-lokasi wisata di Pulau Parang. Khususnya mengenai akses jalannya. ”Untuk Pantai Batu hitam sendiri akses jalannya belum tertata karena itu mulai kami siapkan,” katanya.

Mengenai even tersebut sendiri Zainal menceritakan, akan berlangsung Agustus mendatang. Total akan ada 210 orang yang datang ke Pulau Parang. Mereka akan berkegiatan di Pulau Parang selama dua pekan.

Mengenai kegiatannya sendiri ada beragam mulai dari Seamanship Contest berupa sailing race, ropework, man overboard, navigation, rowing race, boat building, slalom. Ada pula kegiatan lainnya berupa lomba hias kapal tradisional antar nelayan pulau parang, lomba fotografi dan videografi keindahan alam Pulau Parang, kegiatan sosial berupa sosialisasi pariwisata, bersih pantai serta seminar nasional. ”Indonesia Maritime Challenge ini merupakan even kemaritiman yang berguna dalam pembangunan maritim Indonesia. Even ini juga bertujuan untuk mempromosikan daerah tempat pelaksanaan event ini agar lebih dikenal masyarakat luas,” ungkapnya.

Saat ini sudah mulai dilakukan rapat koordinasi bersama Pemkab Jepara. ”Beberapa hari lalu ada rapat bersama untuk menyiapkan event ini,” imbuhnya. 

(ks/emy/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia