Kamis, 20 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Grobogan
Bapemperda DPRD Kunker ke DKI Jakarta

Tingkatkan Wawasan dan Pengetahun Pelaksanaan Tugas

21 Mei 2019, 14: 32: 52 WIB | editor : Ali Mustofa

GELAR BINTEK: Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto bersama Anggota Badan Pembentukan Perda Kunker Bapemperda DPRD DKI Jakarta untuk peningkatan wawasan dan pengetahuan serta pelaksanaan tugas Bapemperda DPRD Grobogan.

GELAR BINTEK: Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto bersama Anggota Badan Pembentukan Perda Kunker Bapemperda DPRD DKI Jakarta untuk peningkatan wawasan dan pengetahuan serta pelaksanaan tugas Bapemperda DPRD Grobogan. (DPRD GROBOGAN FOR RADAR KUDUS)

GROBOGAN –  Badan Pembentukan Perda DPRD Grobogan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Bapemperda DPRD DKI Jakarta selama tiga hari. Kegiatan itu dilakukan sejak 13 – 15 Mei lalu. Kunker tersebut diikuti oleh Ketua DPRD Agus Siswanto dan Ketua Bapemperda DPRD Grobogan Purwadi Hadi Susanto beserta anggota Bapemperda DPRD Grobogan.

Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto mengatakan, tujuan kunker ke Bapemperda DPRD Jakarta yakni untuk sharing pembentukan Bapemperda. Hal itu, sesuai ketentuan pasal 21 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD provinsi, kabupaten, dan kota.

”Dalam pasal itu, disebutkan fungsi pengawasan dilaksanakan oleh Bapemperda melalui evaluasi terhadap  efektivitas pelaksanaan Perda, Peraturan Kepala Daerah, dan pelaksanaan perundang-undangan yang lain,” kata Agus Siswanto.

Rombongan Bapemperda Grobogan tersebut diterima oleh anggota fraksi Nasdem DPRD Jakarta. Menurutnya pengawasan dan fungsi DPRD sangat penting untuk dipahami. Agar berbagai pokok pikiran anggota dewan yang didasari pada aspirasi masyarakat bisa langsung dipahami. Diharapkan dengan adanya kunker ini pelaksanaan kinerja anggota dewan dan pengelolaan Bapemperda lebih baik, sehingga pelayanan publik semakin meningkatkan kualitas.

”Selama kunker banyak masukan dan usulan untuk Bapemperda Grobogan. Terutama masalah pengawasan, pembentukan perda, inventarisasi laporan kinerja,” ujarnya.

Ketua Bapemperda DPRD Grobogan Purwadi Hadi Susanto menambahkan, hasil kunker dengan Bapemperda Jakarta akan dijadikan pertimbangan dalam pembuatan Perda di kabupaten. Hasil dari usulan dari Bapemperda Jakarta DPRD Grobogan perlu mengusulkan Raperda tentang kawasan tanpa rokok untuk menjadi Raperda inisiatif DPRD Grobogan tahun 2020.

”Laporan dari Bapemperda DPRD Jakarta selama tahun 2019 ada 18 Raperda. Dan yang menjadi perda inisiatif ada 4 raperda. Yaitu Raperda tentang penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan, Raperda tentang tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan, kawasan tanpa rokok dan pemanfaatan ruang bawah tanah,” terangnya.

(ks/mun/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia