Kamis, 20 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Realisasi Pendapatan Pasar Dandangan Tahun Ini Naik Sebesar Rp 70 Juta

17 Mei 2019, 11: 09: 18 WIB | editor : Ali Mustofa

Realisasi Pendapatan Pasar Dandangan Tahun Ini Naik Sebesar Rp 70 Juta

KOTA – Pendapatan dandangan tahun ini baik dari retribusi pemakaian kekayaan daerah (PKD) petak dan lesehan serta sampah mencapai Rp. 70.009.000. Pendapatan ini memang tidak sesuai target yakni sebesar Rp. 89 juta. Realisasinya naik ketimbang tahun lalu.

Meski pendapatan tahun ini tidak memenuhi target, namun lebih meningkat dibanding pendapatan tahun lalu. Hal ini disampaikan kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti melalui Kabid PKL Sofyan Dhuhri kemarin.

”Tahun lalu, realisasi pendapatan dandangan sebesar Rp. 66.365.200 dari target yang ditetapkan sebesar Rp 84 juta. Untuk jumlah pedagang, lebih banyak tahun lalu. Karena dandangan kemarin menghilangkan pedagang di jalan Wakhid Hasyim yang hanya satu sisi, Jalan Kyai Telingsing satu sisi serta Jalan Pangeran Puger satu sisi,” ungkapnya.

Kenaikan pendapatan tahun ini ditunjang dari sewa dari pedagang dandangan yang berada di Perempatan Pekojan, yang berjumlah 40 petak.

 Sofyan mengatakan, tahun sebelumnya jumlah sama tapi yang 20 free untuk pelaku usaha kecil mikro (UKM), kalau sekarang full sewa tanpa ada UKM jadi pedagang umum. Begitu pula untuk lokasi yang berada di jalan dr. Ramelan, tahun lalu juga digratiskan. Sedangkan tahun ini, untuk dari 15 tenda yang disiapkan hanya delapan tenda yang terpakai. Pendapatan dandangan tahun ini, dari pengelolaan keuangan daerah (PKD) sebesar Rp 65.426.000 dan pendapatan sampah sebesar Rp 4.583.000.

Sofyan menjelaskan, dari tahun ke tahun memang realisasi dandangan belum bisa memenuhi target, setidaknya ada peningkatan pendapatan meski tidak terlalu signifikan. Dan, tiap tahun tetap ada evaluasi. 

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia