Rabu, 13 Nov 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Jelang Mudik, Dinas Perdagangan Periksa Tera dan Ambang Batas SPBU

16 Mei 2019, 11: 56: 08 WIB | editor : Ali Mustofa

Jelang Mudik, Dinas Perdagangan Periksa Tera dan Ambang Batas SPBU

KUDUS – Menjelang mudik lebaran Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah SPBU kemarin. Kegiatan itu dilakukan guna meninjau ketepatan ukuran takaran bahan bakar di setiap SPBU se Kabupaten Kudus.

Sidak tersebut dimulai pada pukul 09.00. Titik pertama petugas mendatangi SPBU Proliman Tanjung. Di sana mereka melakukan perhitungan tera ulang sejumlah bahan bakar. Hasilnya setelah di tera ulang bahan bakar pertamax berada di angka minus 30 mililiter. Untuk Pertalite masih diangka minus 10. Sedangkan solar berada di tera minus 20.

Dilanjutkan titik kedua berada di SPBU Payaman. Hasilnya pun berbeda. Pertalite berada takaran minus 45. Untuk Pertamax dan Solar di angka plus 10. Lalu tera di SPBU Ngembal Kulon menunjukan premium diangka nol. Untuk Pertalite plus 20, lalu Pertamax minus 10. Sedangkan solar hasil teranya berada di angka minus 10. Mereka juga  mengecek kelengkapan dan keontentikan mesin pompa bensin.

Kasi Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Suharto menyatakan, hasil dari sidak tersebut tak menjumpai kecurangan dari setiap SPBU. Itu lantaran masih di bawah toleransi tera yang ditetapkan dari Direktorat Metrologi.

“Ambang batas kami berada di angka 100. Rata-rata kesuluruhan SPBU masih berada di bawah ambang batas,” ungkapnya.

Tujuan diadakan itu untuk menjaga takaran di setiap SPBU. Nantinya masyarakat kecil dan pemudik tak dirugikan oleh oknum SPBU yang melakukan tindakan curang.

Dengan adanya sidak tersebut, stok kebutuhan bahan bakar menjelang lebaran maupun pasca lebaran diharapkan bisa terjaga. Tak kalah pentingnya, ketepatan takaran di setiap SPBU bisa dipertanggungjawabkan oleh pemiliknya.  

“Hasil pengujian di bawah nilai ambang batas. Itu menunjukan di semua SPBU di jalur Pantura tak ada kecurangan,” tegasnya.

Sidak tersebut sudah dilakukan kedua kalinya oleh pihak Dinas Perdagangan. Suharto menyatakan sebelumnya pihaknya melakukan penakaran di SPBU Terban, Klaling, Hadipolo dan Dersalam. (gal)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia