Kamis, 27 Jun 2019
radarkudus
icon featured
Kudus

Dishub Kudus Terjunkan Dua Armada Bus Mudik Gratis

16 Mei 2019, 11: 40: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

MUDIK GRATIS: Dishub Kabupaten Kudus memberikan fasilitas mudik gratis. Nantinya akan diturunkan dua unit bus untuk mudik gratis.

MUDIK GRATIS: Dishub Kabupaten Kudus memberikan fasilitas mudik gratis. Nantinya akan diturunkan dua unit bus untuk mudik gratis. (GALIH ERLAMBANG WIRADINATA / Radar Kudus)

Share this      

KUDUS – Pelayanan mudik gratis akan diselenggarakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus. Program tersebut diperuntukkan bagi warga Kudus yang berdomisili atau bekerja di Jakarta. Kuotanya ditetapkan untuk 200 penumpang.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus, Putut Sri Kuncoro menyatakan, program mudik gratis itu akan menerjunkan dua unit bus untuk mengantarkan warga Kudus pulang ke kampung halaman. Sedangkan untuk kuota penumpang pihaknya menargetkan sekitar 200 penumpang.

“Biasanya kalau informasi Dishup pusat, dulu pada tanggal-tanggal ini kuota sudah mencukupi,” paparnya.

Putut menambahkan untuk syarat pendaftarannya, setiap warga yang bekerja atau tinggal di sana harus mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli Kudus. Pemberian fasilitas kelayakan bus juga diperhatikan oleh pihak Dishub.

Kriteria bus ia punya spesifikasi khusus, diantaranya bus harus layak jalan. Kemudian dilengkapi kelengkapan perlatan darurat. Juga supir harus memiliki kondisi yang prima dan berkelakuan baik. Penambahan empat personel juga diterjukan untuk mengawal program mudik gratis tersebut.

“Untuk bus kami menggunakan APBD. Setelah anggaran itu cair baru kami melakukan pengecekan bus untuk mudik gratis itu,” ungkapnya.

Pada mudik tahun lalu antusias masyarakat yang menggunakan jasa mudik gratis tiap tahunnya meningkat. Namun melihat antusias itu, Putut tak bisa menambahkan kuota bus. Pasalnya penambahan kuota itu merupakan kewenangan Dishub Provinsi Jateng.

Sementara pemberangkatan mudik gratis ini titiknya berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Diperkirakan keberangkatan akan dilaksanakan pada 1 Juni mendatang. Atau H-lima lebaran.

“Pemudik agar berhati-hati membawa barang bawaan dan melindungi diri sendiri dari hal-hal yang tak diinginkan,” harapnya.

(ks/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia